Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Gerakan Meroda Adalah

Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Gerakan Meroda Adalah - Dalam materi olahraga tentunya kita mengenal adanya senam lantai. Senam lantai merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan di atas lantai dan biasanya menggunakan matras. Salah satu jenis olahraga senam lantai tersebut adalah gerakan meroda. Apa itu gerakan meroda? Pengertian gerakan meroda adalah gerakan yang memiliki unsur senam ketangkasan di dalamnya. Senam lantai meroda ini dapat disebut juga dengan gerakan cartwheel.

Senam ketangkasan biasanya mempunyai beberapa gerakan di dalamnya seperti gerakan melompati peti, meroda, maupun gerakan kedua tangan. Untuk melakukan gerakan meroda biasanya kita harus memperhatikan beberapa teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar meroda tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Selain teknik dasar, adapula beberapa ciri ciri gerakan meroda yang dapat membedakannya dengan jenis olahraga lainnya. Lalu pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri gerakan meroda adalah apa saja?
Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Gerakan Meroda Adalah
Cara Melakukan Gerakan Meroda
Seperti yang kita tahu bahwa gerakan meroda meroda merupakan gerakan memutarkan tubuh menuju arah samping. Gerakan ini memiliki letak tumpuan tubuh di bagian kaki dan tangan. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai untuk melakukan gerakan meroda adalah gerakan handstand atau gerakan berdiri menggunakan kedua tangan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri gerakan meroda adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Gerakan Meroda Adalah

Gerakan meroda pada dasarnya tergolong dalam jenis senam lantai tanpa menggunakan alat. Cara melakukan gerakan meroda memang sulit meskipun tidak menggunakan alat. Meski begitu kita dapat meminta bantuan teman lain untuk melakukan gerakan meroda ini jika kita belum mahir untuk melakukannya.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang beberapa kesalahan dalam gerakan meroda. Gerakan meroda dapat dilakukan dengan menggunakan kedua tangan atau kaki sebagai tumpuan tubuh. Kemudian memutarkan tubuh ke arah samping. Lantas pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri gerakan meroda adalah apa saja? Gerakan meroda secara umum memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:
  1. Menguatkan tulang
  2. Menjaga keseimbangan dalam tubuh
  3. Meningkatkan kelenturan tubuh
  4. Mengencangkan otot tubuh
  5. Menyehatkan tubuh
  6. Membuat kalori tubuh menjadi terbakar
Materi gerakan meroda ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran dalam pendidikan jasmani dan rohani saja. Namun materi ini juga menjadi salah satu bahan soal ujian terkait pelajaran tersebut. Adapun salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri gerakan meroda adalah . . .
A. Fase akhir kedua kaki mendarat secara bergantian
B. Fase utama tangan mendarat secara bergantian
C. Fase akhir kedua kaki mendarat secara bersamaan
D. Terdapat fase badan terbalik

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Fase akhir kedua kaki mendarat secara bersamaan.

Gerakan meroda (cartwheel) adalah gerakan senam lantai yang dilakukan dengan memutarkan tubuh ke arah samping, dimana tangan atau kaki digunakan sebagai tumpuan. Gerakan meroda ini memiliki ciri ciri yaitu fase utama dimana tangan mendarat secara bergantian, kemudian terdapat fase dimana posisi badan terbalik, dan fase terakhir adalah kedua kaki mendarat secara bergantian. Dari penjelasan ini, kita dapat mengetahui jawaban mengenai pertanyaan "pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri gerakan meroda adalah" tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pernyataan Berikut Yang Bukan Merupakan Ciri Gerakan Meroda Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel