Nama Lain Dari Renang Gaya Dada Adalah

Nama Lain Dari Renang Gaya Dada Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa olahraga memiliki jenis yang beragam, mulai dari olahraga air, darat, maupun udara. Salah satunya adalah olahraga renang. Jenis olahraga ini termasuk kategori olahraga air yang cukup banyak diminati, mulai dari kalangan anak anak hingga dewasa. Apa itu renang? Pengertian renang adalah olahraga air yang menggunakan gerakan tubuh seperti kaki dan tangan supaya tidak tenggelam.

Berabad abad yang lalu tentunya olahraga renang ini telah dilakukan, bahkan sebelum diresmikan menjadi olahraga Nasional. Sejak zaman prasejarah sebenarnya olahraga renang ini sudah ada. Namun seiring berkembangnya zaman, olahraga tersebut akan terus ada hingga menjadi olahraga renang gaya dada. Olahraga renang gaya dada, renang gaya bebas dan jenis gaya renang lainnya merupakan macam macam gaya renang yang gerakannya hampir menyerupai gerakan binatang ketika berenang. Lantas nama lain dari renang gaya dada adalah apa?
nama lain dari renang gaya dada adalah
Gerakan Renang Gaya Dada
Seperti yang kita tahu bahwa pada tahun 36 SM berdasarkan catatan sejarah telah diketahui bahwa pertandingan renang pertama kali dilakukan oleh Kaisar Sigui. Kemudian pada tahun 1538 telah diciptakan buku renang berjudul Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst atau  Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang karya profesor Bahasa bernama Nikolaus Wynmann. Sejak saat itu buku tersebut mulai dibaca dan dipelajari oleh banyak orang. Termasuk teknik dasar renang gaya dada. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nama lain dari renang gaya dada adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nama Lain Dari Renang Gaya Dada Adalah

Perkembangan olahraga renang secara umum memang terjadi pada abad ke 19, dilakukan oleh masyarakat modern di London Inggris secara serius. Kota ini pada awalnya hanya terdapat 6 kolam renang saja. Tetapi seiring berkembangnya zaman, kota tersebut mulai mendirikan beberapa asosiasi renang. Olahraga renang semakin tersebar sampai ke penjuru dunia dan dipopulerkan oleh kapten Angkatan Laut Inggris, Matthew Webb karena dapat berenang menyeberagi Teluk Inggris tanpa alat bantuan. 

Meskipun pada zaman dahulu masih menggunakan renang gaya bebas, namun sekarang olahraga renang memiliki beberapa jenis gaya sesuai dengan perkembangannya. Jenis jenis gaya renang tersebut dapat berupa renang gaya dada, renang gaya punggung, renang gaya bebas, dan renang gaya kupu kupu. Apa itu renang gaya dada? Pengertian renang gaya dada adalah jenis gerakan renang yang menyerupai gerakan katak ketika berenang. Maka dari itu nama lain dari renang gaya dada adalah renang gaya katak.

Dalam Bahasa Inggris, renang gaya dada dapat disebut juga dengan renang gaya breast stroke. Jenis gaya renang ini tentunya memiliki gerakan yang tidak sama dengan jenis gaya renang lainnya. Contohnya saja teknik pernapasan renang gaya dada yang berbeda dengan renang gaya bebas. Renang gaya dada memiliki gerakan kedua tangan yang didorong secara bersamaan dari arah dada ke muka. Gerakan renang ini dapat kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini menjadi salah satu bahan ajar dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Maka dari itu tidak heran jika dalam soal soal ujian, kita juga menemukan salah satu soal yang berhubungan dengan renang gaya dada. Contoh bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Nama lain dari renang gaya dada adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah renang gaya katak.

Seperti yang kita tahu bahwa gerakan renang gaya dada memang menyerupai gerakan katak saat berenang. Maka dari itu nama lain dari renang gaya dada adalah renang gaya katak. Anda juga perlu tahu bahwa jenis gaya renang yang satu ini tergolong paling lambat daripada gaya renang lainnya. Meski begitu ada beberapa teknik dasar yang perlu anda kuasai ketika melakukan renang gaya dada ini, seperti teknik meluncur, teknik gerakan kaki, teknik gerakan tangan, dan teknik pernapasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Nama Lain Dari Renang Gaya Dada Adalah"