Jenis Jenis Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja

Jenis Jenis Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja - Secara umum tenis meja adalah permainan bola kecil yang dapat dimainkan oleh dua pasang (ganda) maupun dua orang saja (tunggal). Jenis olahraga tenis meja ini memang cukup populer. Pengertian tenis meja menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah permainan yang menggunakan pemukul berupa bet (berlapis karet), bola pingpong dan meja sebagai lapangannya yang telah dirancang khusus. 

Seperti yang kita tahu bahwa tenis meja termasuk jenis permainan yang sederhana. Tempat yang dibutuhkan untuk bermain tenis meja memang tidak terlalu luas. Namun permainan ini membutuhkan beberapa peralatan seperti net, meja, bet, dan bola. Cara bermain tenis meja ini cukup mudah yaitu cukup memukul bola menggunakan bet. Apakah anda tahu jenis jenis pukulan dalam permainan tenis meja itu? Macam macam pukulan tenis meja ini dapat anda kuasai untuk memenangkan pertandingan.

Jenis Jenis Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja
Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja

Pada dasarnya bola tenis meja yang dipukul harus melewati net agar skor atau nilai dapat dicetak. Dalam tenis meja terdapat beberapa macam pukulan dengan ciri khasnya masing masing. Cara memainkan tenis meja ini memang secara umum hanya memukul bola seluloid menggunakan raket yang dilapisi dengan karet. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis pukulan dalam permainan tenis meja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja

Seperti yang kita tahu bahwa tenis meja termasuk jenis olahraga untuk semua usia, sehingga dapat dimainkan siapa saja. Masuknya permainan ini ke Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh pedagang Belanda pada tahun 1930. Permainan tersebut memiliki aturan yaitu pemukulan bola harus melalui atas jaring net meja. 

Sama seperti olahraga bulu tangkis, para pemain tenis meja harus memukul bola sampai memantul dan melewati net menuju wilayah lawan. Pemain yang banyak mencetak skor dianggap sebagai pemenang pertandingan. Untuk memenangkan pertandingan, anda harus menguasai beberapa teknik dasar tenis meja tersebut. Salah satunya adalah teknik memukul bola dalam tenis meja.

Teknik pukulan dalam tenis meja ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis pukulan dalam permainan tenis meja yaitu sebagai berikut:

Pukulan Drive

Drive adalah teknik pukulan yang membutuhkan tenaga gesekan terkecil. Kita dapat mengawali pukulan ini dengan menggerakkan bet dari bawah ke atas, tetapi bet dalam kondisi tertutup. Drive dapat dinamakan dengan lift yakni dari berbagai macam pukulan serangan. Maka dari itu pukulan drive sering dinamakan dengan teknik pukulan serangan.

Ketika menghadapi permainan defensif, tentunya kita dapat menggunakan pukulan drive ini. Adapun beberapa keistimewaan pukulan drive yaitu sebagai berikut:
  • Mudah menguasai tinggi atau rendahnya bola yang terbang ke atas garis net.
  • Tidap perlu mengendalikan cepat atau lambatnya laju bola.
  • Bola memiliki sifat yang membawa perputaran sedikit.
  • Tenaga bola drive tidak terlalu keras.
  • Bola dapat diluncurkan pada setiap titik yang ada di atas meja, tanpa mengalami kesulitan seperti bola berat, cepat, tinggi atau rendah, ringan, lambat, maupun berbagai jenis putaran bola.

Pukulan Push

Jenis jenis pukulan dalam permainan teknis meja selanjutnya adalah pukulan push. Pukulan push asalnya dari teknik blok yang dikembangkan sehingga dapat dinamakan dengan pukulan push block. Pukulan push atau pukulan mendorong pada dasarnya cukup bervariasi seperti push menggesek, push datar dan sebagainya. Biasanya pukulan push dilakukan dalam jarak menengah maupun dekat. Teknik ini sangat penting dalam teknik pukulan bertahan dan berperan aktif dalam permainan.

Pukulan push biasanya dilakukan dalam posisi bet terbuka saat dalam jarak tengah. Adapun beberapa keistimewaan pukulan push yaitu diantaranya:
  • Menjadikan bola penuh sebagai alat untuk menjaga daerah dalam kondisi transisi sehingga satu pukulan dapat dubah menjadi serangan balik.
  • Bola push merupakan bola polos dimana bola ini bertahan dan memiliki maksud serangan balik.
  • Pelaksanaan pukulan push ini biasanya dalam bagian backhand. Tetapi dapat pula melancarkan serangan forehand dalam beberapa kesempatan.

Pukulan Block

Pukulan block adalah jenis pukulan tenis meja untuk menghentikan bola dengan cepat setelah posisi bet tertutup dan bola memantul. Biasanya penggunaan block ini dalam kondisi dekat dengan meja dan sering dinamakan dengan block pendek. Pukulan block pada umumnya dapat dibagi menjadi dua macam yaitu block redam dan block datar. Pukulan block ini tergolong pukulan pertahanan karena penggunaannya sering terdapat dalam keadaan terserang. 

Pukulan block juga digunakan untuk menghambat serangan lanjutan yang dilakukan lawan.  Penggunaan pukulan block ini biasanya dalam bagian backhand, meskipun terkadang juga digunakan dalam posisi forehand. Adapun beberapa keistimewaan pukulan block yaitu meliputi:
  • Merupakan bola polos karena digunakan sebagai taktik pertahanan jarak dekat meja.
  • Pada prinsipnya keseluruhan block untuk mengembalikan bola dengan cara menghalau serangan lawan.

Pukulan Smash

Jenis jenis pukulan dalam permainan teknis meja selanjutnya adalah pukulan smash. Smash adalah pukulan bola yang menggunakan kecepatan dan tenaga yang besar sehingga bola yang dihasilkan cepat dan mematikan. Pukulan smash dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti pukulan smash backhand dan forehand. Hasil pukulan smash forehand berbentuk serangan bertenaga jika dilengkapi dengan langkah ke arah depan dan hentakkan telapak kaki di atas lantai. 

Jika lawan dapat menghalau pukulan smash forehand ini, maka pukulan susulannya akan lebih taham dibandingkan serangan yang pertama. Sebenarnya upaya para pemain dalam pertandingan adalah pertahanan dan serangan.

Pukulan Servis

Pukulan servis adalah pukulan yang dilakukan untuk mengawali pertandingan tenis meja. Cara melakukan pukulan servis ini adalah dengan memantulkan bola ke meja terlebih dahulu sampai melalui net dan akhirnya dapat terpantul di atas meja lawan. Efek yang dihasilkan dari pelaksanaan servis ini adalah penempatan bola, kecepatan bola dan perputaran bola yang terkadang susah diduga. Pukulan servis dalam permainan tenis meja memiliki beberapa fungsi yaitu:
  • Menjadi serangan pertama.
  • Menjadi bola bola umpan.
  • Menghindari atau mencegah serangan pertama dari lawan.

Pukulan Chop

Jenis jenis pukulan dalam permainan teknis meja selanjutnya adalah pukulan chop. Pukulan chop adalah pukulan yang menggunakan teknik seperti menebang pohon. Macam pukulan tenis meja ini biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang beraneka macam. Pukulan chop dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu pukulan forehand chop dan pukulan backhand chop.

Pukulan Loop

Pukulan loop adalah pukulan top spin yang keras untuk menghasilkan putaran bola dengan gerakan menarik bola. Pukulan loop ini memang cukup efektif untuk melawan bola bola chop dan cut dari pemain defensif.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis pukulan dalam permainan tenis meja. Teknik pukulan merupakan teknik dasar tenis meja yang berguna untuk memukul bola hingga melewati net dan memantul di daerah lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel