Sejarah Lompat Galah Singkat dan Lengkap

Sejarah Lompat Galah Singkat dan Lengkap - Penjaskes merupakan salah satu mapel yang cukup banyak digemari siswa. Kalian akan menjumpai berbagai jenis olahraga mulai dari cabang atletik sampai ringan seperti volly dan sepak bola. Lompat galah menjadi salah satu cabang olahraga atletik yang diajarkan secara teori ketika kita berada di bangku sekolah.

Lompat galah sendiri adalah salah satu cabang atletik nomor lompat yang menggunakan alat penunjang berupa tongkat atau galah. Lompat galah tersebut dapat dinamakan dengan lompat tinggi. Dalam penilaian lompat galah tersebut ialah harus melalui mistar atau garis dengan ketinggian tertentu menggunakan bantuan tongkat atau galah.

Sejarah Lompat Galah Singkat dan Lengkap
Sejarah Singkat Lompat Galah

Sebelum mengetahui sejarah lompat galah tersebut, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian lompat galah. Biasanya dalam permainan ini membutuhkan tongkat untuk melakukan lompatan dengan tolakan terlebih dahulu sampai melewati mistar dan melenting tinggi. Pelaksanaan lompatan dengan galah tersebut dapat dilakukan dengan teknik khusus. Untuk itulah peran teknik dasar lompat galah tersebut sangat penting untuk dilakukan. Pada umumnya lompat galah telah diajarkan ketika di bangku sekolah. Materi ini berisi ilmu pengetahuan dan ilmu praktek di dalamnya.


Sejarah Lompat Galah Singkat dan Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian lompat galah ialah cabang olahraga atletik nomor lompat yang pelaksanaannya menggunakan tongkat dengan cara lompat setinggi mungkin. Permainan lompat galah menggunakan alat yang berupa tongkat atau galah. Permainan lompat galah bertujuan untuk melewati pembatas atau mistar dengan cara melompat sehingga pertandingan dapat dimenangkan.

Lompat galah tersebut memang menggunakan tongkat atau galah yang fleksibel dan panjang untuk melakukan lompat tinggi. Bagaimana sejarah permainan lompat galah itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah lompat galah singkat dan lengkap.

Menurut latarbelakang lompat galah dijelaskan bahwa permainan ini asalnya dari benua Eropa. Galah dikala itu berguna untuk melewati halangan atau rintangan yang ada di wilayah Friesland, Belanda. Saat itu Belanda terkenal sebagai negeri di pesisir pantai yang letak sebagian besar wilayahnya ada di permukaan laut bagian bawah.

Karena letak wilayah tersebut menyebabkan sebagian warga Belanda yang ingin bepergian ke tempat lain harus menyeberangi danau atau sungai terlebih dahulu. Dikala itu galah disimpan oleh masyarakat sekitar di rumah masing masing yang bertujuan untuk menghindari air ketika menyeberangi parit. 

Menurut sejarah lompat galah ini dijelaskan bahwa galah tersebut juga bertujuan untuk melakukan perjalanan yang tidak membosankan sehingga tidak hanya melalui jembatan saja. Warga Belanda ketika melewati danau dan sungai biasanya menggunakan lompat galah danau atau Fierljeppen. Cara ini pada abad ke 13 kerap digunakan oleh petani Norwegia.

Fierljeppen seiring berkembangnya zaman mulai digunakan dalam pertandingan. Peserta olahraga Fierljeppen biasanya harus memanjat galah setinggi mungkin agar posisi jatuhnya dapat lebih jauh. Olahraga Fierljeppen inilah yang menjadi latar belakang terbentuknya lompat galah sekarang ini.
Menurut perkembangan sejarah permainan lompat galah dijelaskan bahwa kompetisi Fierljeppen mulai digelar di negeri Kincir Angin, bahkan sangat banyak peminatnya. Dalam kompetisi tersebut, peserta menggunakan galah alumunium yang panjangnya 11 meter untuk menyeberangi danau. Pemenang dari kompetisi ini ditentukan dari jarak terjauh yang dicapai oleh peserta. Pada mulanya pertandingan lompat galah dapat diukur menggunakan jarak dan tidak berdasar pada ketinggiannya.

Pelaksanaan pertandingan lompat galah di kawasan tanah pamah dilakukan secara tahunan di sekitar laut utara. Kemudian pada tahun 1843 mulai diadakan pertandingan lompat galah yang menggunakan pengukuran ketinggian, dimana saat itu dilakukan di kriket Ulverston, Cumbria, Inggris dan club sepak bola.

Di kala itu galah yang digunakan oleh pelompat terbuat dari kayu, dimana dibagian ujung ditajamkan. Pengadaan pertandingan lompat galah dilakukan di kawasan berumput sehingga pendaratan dan penancapan galah tersebut dilakukan di atas rumput pula. Pada tahun 1850 terdapat pertandingan lompat galah di Jerman yang menjadi awal terbentuknya perlombaan seperti sekarang.

Perlombaan galah versi modern diawali pada akhir abad ke 19 yang berlangsung di Amerika Serikat. Sekian penjelasan mengenai sejarah lompat galah singkat dan lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi sejarah permainan lompat galah di atas.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Lompat Galah Singkat dan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel