Peraturan Lompat Galah Beserta Penjelasan Lengkap

Peraturan Lompat Galah Beserta Penjelasan Lengkap - Lompat galah merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan tongkat panjang fleksibel atau galah untuk melompat melewati bar. Pembuatan galah ini berasal dari kayu, alumunium, fiber glass, bambu, dan logam. Untuk jenis pembuatan galah menggunakan alumunium atau bambu biasanya tidak banyak lengkungan yang dialami saat terayunnya badan atlet ke arah atas. Sedangkan untuk jenis pembuatan galah menggunakan fiber biasanya memang sedikit lebih sulit daripada bahan alumunium atau bambu. Hal ini dikarenakan kondisi keteraturan galah fiber harus dibiasakan oleh atlet tersebut. Apakah anda tahu bagaimana bentuk peraturan permainan lompat galah itu?

Pengukuran pertandingan lompat galah pada umumnya berasal dari jarak atlet yang melaluinya sehingga bukan pencapaian dari ketinggian atlet tersebut. Pertandingan ini pada mulanya diadakan di sekitar daerah laut utara dengan jangka waktu setahun sekali. Pengukuran pertandingan galah didasarkan pada ketinggiannya sejak pelaksanaannya di Cumbria, Inggris pada tahun 1843. Sejak itu juga telah berlaku beberapa peraturan lompat galah di dalamnya. Lompat galah dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti upaya penghindaran keterlambatan saat galah tertancap dan digerakkan ke depan secara lagsung hingga 2 langkah terakhirnya telah dicapai. Selain itu galah juga harus ditancapkan dengan kokoh dan kuat sebelum kaki untuk melakukan take off telah menginjak daerah titik take offnya.

Peraturan Lompat Galah Beserta Penjelasan Lengkap
Peraturan dalam Olahraga Lompat Galah

Kaki take off yang digunakan oleh para atlet harus diatur jarak larinya sehingga pelaksanaannya menjadi benar. Jarak tersebut dapat diperpanjang ataupun diperpendek. Setelah galah berhasil ditancapkan kemudian kedua tangan diperiksa. Jarak kedua tangan tersebut harus cukup lebar. Bahkan anda juga dapat mengetuk galahnya supaya tangan bawah tidak tergelincir ke arah atas. Pastikan gerakan dada tidak menuju galah sehingga bagian lengan bawah dapat lebih kaki saat take off. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang peraturan lompat galah beserta penjelasannya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Lompat Galah Beserta Penjelasan Lengkap

Pada umumnya masing masing olahraga memiliki peraturannya sendiri. Seperti halnya olahraga lompat galah yang juga mempunyai aturan dasar di dalamnya. Peraturan ini didasarkan pada kebutuhan dan gerakan di dalamnya. Lalu apa saja peraturan permainan lompat galah itu? Olahraga lompat galah pastinya sering kita dengar dalam kategori olahraga atletik. Lompat galah ini masih termasuk dalam cabang olahraga atletik nomor lempar. Bahkan tidak jarang pula dipertandingkan dalam tingkat olimpiade Nasional, Internasional maupun lokal. Pengertian lompat galah secara umum ialah jenis olahraga yang menggunakan galah atau tongkat panjang untuk melompat tinggi sehingga mistar dapat dilewatinya. Untuk itu pelaksanaan lompatan pada olahraga lompat galah ini harus setinggi mungkin.
Peraturan lompat galah merupakan hal dasar yang wajib diketahui oleh para calon atlet atau seseorang yang akan melakukan jenis olahraga ini. Beberapa aturan yang terdapat didalamnya ini merupakan peraturan yang berkaitan dengan ukuran lapangan, ukuran tongkat galah dan sebagainya. Lalu apa saja peraturan permainan lompat galah itu? Dibawah ini terdapat beberapa aturan lompat galah yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut:

Berat Badan

Peraturan olahraga lompat galah yang pertama yaitu berkaitan dengan berat badan. Para atlet atau peserta harus memiliki berat badan yang telah memperoleh verifikasi dari pelatihnya. Setelah itu berat badan akan dicatat di samping nama peserta dalam bentuk penilaian.

Aturan Percobaan

Peraturan permainan lompat galah selanjutnya berhubungan dengan aturan percobaan. Percobaan lompat galah dapat dilakukan oleh masing masing peserta dengan ketinggian berbeda sebanyak tiga kali.

Sistem Eliminasi

Peraturan lompat galah selanjutnya berhubungan dengan sistem eliminasi. Apabila selama melakukan percobaan melakukan kegagalan sebanyak tiga kali, maka peserta tersebut akan dieliminasi. 

Ketinggian di Setiap Percobaan

Peraturan olahraga lompat galah selanjutnya berhubungan dengan ketinggian di setiap percobaan. Jika percobaan pertama gagal dilakukan, maka percobaan kedua harus diambil oleh atlet lompat galah dengan ketinggian yang sama. Pelaksanaan percobaan ini harus secepatnya diulang setelah percobaan pertama dilakukan. Apabila percobaan kedua juga gagal, maka peraturan tersebut juga berlaku di percobaan ketiga. Namun keputusan pengambilan pass harus secepatnya disampaikan kepada juri setelah lompatan miss.

Aturan Pemanasan

Peraturan permainan lompat galah selanjutnya berhubungan dengan aturan pemanasan. Setelah pertandingan dimulai ketika tiga ketinggian dilewati oleh atlet atau peserta. Untuk itu pemanasan dapat dilakukan tanpa harus memakai bar mistar. Pelaksanaan pemanasan tersebut sesuai dengan ketetapan ketinggian yang berlaku dalam pertandingan tersebut.

Batas Waktu Percobaan

Peraturan lompat galah selanjutnya berhubungan dengan batas waktu percobaan. Penampilan atlet atau peserta tersebut berlangsung selama dua menit setelah pemanggilan namanya. Namun jeda yang diberikan dapat berlaku selama empat menit apabila terdapat tiga peserta dan apabila hanya satu peserta yang tersisa maka berlaku jeda enam menit sebagai bentuk pengalokasian sebelum pertandingan dilakukan.

Peraturan Peserta Dalam Pertandingan Lompat Galah

Pada umumnya peraturan khusus dalam pertandingan lompat galah memang harus dipatuhi oleh masing masing atlet atau peserta. Adapun beberapa aturan lompat galah ini diantaranya:
  • Peserta tidak diperbolehkan untuk menggunakan alat bantuan apapun ketika pertandingan lompat galah dilakukan.
  • Sepatu peserta yang digunakan tidak diperbolehkan mengandung perangkat yang menguntungkan dirinya sehingga terjadi ketidakadilan untuk peserta lain.
  • Bagian jari atau tangan dilarang untuk diplester, kecuali luka terbuka dialami oleh peserta tersebut dibagian jari atau tangan sehingga diperbolehkan.
  • Diijinkan untuk membalut pergelangan tangan secara khusus.
  • Tidak diperkenankan untuk menggunakan sarung tangan.

Aturan Galah yang Digunakan

Peraturan lompat galah selanjutnya berhubungan dengan galah yang digunakan. Dalam pertandingan lompat galah biasanya menggunakan galah yang sesuai dengan aturan seperti di bawah ini:
  • Tandai jenis galah yang digunakan untuk latihan dan pertandingan atau pemanasan.
  • Berat dari vaulter harus diverifikasi oleh pelatihnya.
  • Jarak 1 inch harus dapat diperlihatkan oleh pabrik pembuat pole menggunakan warna pole yang kontras.

Foul Dalam Lompat Galah

Peraturan permainan lompat galah selanjutnya berhubungan dengan foul di dalamnya. Di bawah ini terdapat beberapa foul dalam gerakan lompat galah yaitu sebagai berikut:
  • Bar yang diam di tempat semula dipindahkan menggunakan badan atau galah.
  • Lompatan gagal dilakukan.
  • Galah atau bagian tubuh menyentuh tanah bantalan pendaratan di bagian atas papan luncur yang letaknya diluar bidang vertikal.
  • Menggunakan lengan atau tangan untuk membuat plang steady.
Demikianlah peraturan lompat galah beserta penjelasannya lengkap yang dapat saya bagikan. Lompat galah ialah salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan tongkat panjang fleksibel atau galah untuk melompat melewati bar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Lompat Galah Beserta Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel