Macam Macam Gerakan Variasi Crunch dan Squat

Macam Macam Gerakan Variasi Crunch dan Squat - Olahraga crunch dan squat merupakan jenis olahraga variasi yang dapat menjadi solusi kesehatan manusia. Berbagai macam gerakan variasi crunch dan berbagai macam gerakan variasi squat patut anda coba lakukan dirumah. Jenis olahraga ini dijamin tidak akan membosankan karena terdapat berbagai variasi gerakan. Lalu apa itu crunch? Apa itu squat? Crunch ialah gerakan pelatihan untuk otot perut. Gerakan ini hampir sama dengan gerakan sit up yaitu mengangkat punggung sehingga otot perut sampai panggul dapat tertekan dan terlatih. Sedangkan squat ialah gerakan pelatihan untuk otot paha.
Variasi gerakan pada squat dan crunch berguna untuk melatih otot otot tubuh dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Contohnya otot perut, tangan, dada maupun kaki. Gerakan squat dan crunch memang dipercaya untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah, namun juga membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat pula. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat sebelum melakukan gerakan olahraga ini. Kali ini saya akan membagikan macam macam gerakan variasi crunch dan macam macam gerakan variasi squat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Gerakan Variasi Crunch dan Squat

Macam macam gerakan variasi crunch dan macam macam gerakan variasi squat sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar agar nantinya tidak menyebabkan keseleo ataupun cedera yang berarti. Usahakan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai variasi gerakan crunch dan squat.
Baca juga : Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis

Crunch

Crunch ialah gerakan pelatihan untuk otot perut. Gambaran dari gerakan crunch hampir sama dengan gerakan sit up. Gerakan ini memiliki beberapa macam variasi yang patut anda coba. Dibawah ini terdapat macam macam gerakan variasi crunch yang meliputi:

Gerak Standard Crunch
Macam gerakan variasi crunch yang pertama ialah gerak standard crunch. Cara melakukannya ialah membaringkan tubuh dan menekuk bagian kaki. Kamudia tangan diletakkan dibelakang kepala. Angkat tubuh ke atas agar otot perut tegang sambil mengeluarkan nafas.

Gerak Weighted Crunch
Macam gerakan variasi crunch selanjutnya ialah gerak weighted crunch. Gerakan ini cukup menarik sehingga dapat anda coba dirumah. Untuk cara melakukannya dapat menggunakan dumble atau bola beban lainnya. Tetapi sebelum lanjut ke tahap ini, anda harus sudah menguasai gerakan standard crunch terlebih dahulu. Lakukan gerak weighted crunch secara berulang ulang sambil manahan beban dumblenya.

Gerak Reverse Crunch
Macam gerakan variasi crunch selanjutnya ialah gerak reverse crunch. Gerak reverse crunch ialah gerakan mengangkat tubuh bagian pinggang ke bawah. Gerak ini bertujuan untuk membentuk otot perut. Maka dari itu gerak reverse dapat menjadi solusi mengecilkan perut buncit yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah.
Baca juga : Cara Melakukan Roll Depan dan Roll Belakang Dengan Benar
Gerak Frog Crunch
Macam gerakan variasi crunch selanjutnya ialah gerak frog crunch. Cara melakukan gerakan tersebut ialah posisikan tubuh dalam keadaan duduk dan kaki lurus ke depan. Selanjutnya tubuh dimiringkan sedikit dan salah satu kaki diangkat ke atas sejauh 45°. Lalu kaki ditekuk dan posisikan tangan memeluk lutut tersebut. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang ulang.

Gerak Raised Leg Crunch
Macam gerakan variasi crunch selanjutnya ialah gerak raised leg crunch. Cara melakukannya yaitu posisikan tubuh berbaring kemudian angkat kedua kaki lurus ke atas. Setelah itu luruskan tangan ke atas dan angkat tubuh sampai mendekaki kaki. Lakukan gerakan tersebut sampai batas kekuatan maksimal pada tubuh anda.
Gerak Bicycle Crunch
Macam gerakan variasi crunch selanjutnya ialah gerak bicycle crunch. Cara melakukannya yaitu baringkan tubuh dan posisikan lengan berada dibawah kepala. Setelah itu kedua kaki diangkat dan ditempelkan pada lantai. Lalu posisikan siku tangan pada lutut kiri sambil mengangkat tubuh anda, begitu pula sebaliknya.

Gerak Side Crunch
Macam gerakan variasi crunch selanjutnya ialah gerak side crunch. Gerak side crunch berguna untuk melatih otot perut bagian samping. Cara melakukannya yaitu posisikan tubuh seperti gerakan crunch pada umumnya. Seteah itu posisikan kaki ke arah kanan ataupun kiri. Angkat tubuh berulang kali ketika kaki dalam posisi miring.

Squat

Squat ialah gerakan pelatihan untuk otot bagian paha. Gerakan ini memiliki beberapa macam variasi yang patut anda coba. Dibawah ini terdapat macam macam gerakan variasi squat yang meliputi:

Gerak Back Squat
Macam gerakan variasi squat yang pertama ialah gerak back squat. Gerakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan barbel yang diletakkan dibagian punggung atas ataupun bahu. Gerakan ini memang dilakukan untuk mengangkat beban. Back squat bertujuan untuk membentuk otot perut, pinggul dan punggung. Maka dari itu variasi gerak squat ini dapat anda lakukan rutin di rumah.

Gerak Front Squat
Macam gerakan variasi squat selanjutnya ialah gerak front squat. Gerakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan barbel yang diletakkan pada bahu bagain depan dan disertai dengan gerakan squat. Ketika sedang squat, usahakan posisi tubuh tetap tegak. Front squat berguna untuk membentuk otot kaki dan otot punggung jika dilakukan dengan rutin dan benar.
Baca juga : Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar
Gerak Lateral Squat
Macam gerakan variasi squat selanjutnya ialah gerak lateral squat. Posisi gerak lateral squat yang benar ialah menyamping. Gerakan tersebut berguna untuk melenturkan bagian otot pinggang dan memperbaiki keseimbangan tubuh.

Gerak Goblet Squat
Macam gerakan variasi squat selanjutnya ialah gerak goblet squat. Gerakan ini berguna untuk membuat daya tahan tubuh agar lebih baik. Cara melakukannya yaitu posisikan tubuh bediri tegak dan pegang kuat dumbbell tiang besinya. Setelah itu loncat ke atas tiang sambil menempelkan kedua tangan pada dumbbell. Gerakan goblet squat berguna untuk membentuk otot dada.

Gerak Split Squat
Macam gerakan variasi squat selanjutnya ialah gerak split squat. Gerakan ini berguna untuk melatih otot kaki agar kuat dan menjaga keseimbangan tubuh. Adapun cara melakukannya yaitu salah satu kaki diletakan didepan dan kaki satunya diletakan dibelakang. Lebarkan posisi kakinya dan lakukan squat pada umumnya. Usahakan tubuh tetap dalam posisi tegak.

Gerak Drop Squat
Macam gerakan variasi squat selanjutnya ialah gerak drop squat. Gerakan ini merupakan gerakan kombinasi antara squat dengan gerakan melompat. Lakukan gerakan lompat sambil squat dimana posisi kaki sewaktu jatuh bergantian. Gerakan kombinasi ini berguna untuk stabilitas tubuh, keseimbangan tubuh dan kekuatan otot kaki.

Gerak Isometric Squat
Macam gerakan variasi squat selanjutnya ialah gerak isometric squat. Gerakan ini bertujuan untuk membentuk otot punggung dan pinggul. Gerakan isometric squat memiliki gerakan yang hampir sama dengan gerakan squat pada umumnya, tetapi lebih memberikan tekanan dan menekukan tubuh dalam posisi beberapa derajat.

Demikianlah penjelasan mengenai macam macam gerakan variasi crunch dan macam macam gerakan variasi squat. Crunch dan squat merupakan solusi olahraga yang tidak membosankan karena banyak variasi gerakannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Gerakan Variasi Crunch dan Squat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel