Perbedaan Antara Softball Dengan Baseball Lengkap

Advertisement

Perbedaan Antara Softball Dengan Baseball Lengkap - Dalam pertandingan olahraga antar daerah, negara, sekolah ataupun kota tentunya terdapat dua pasang grub yang bermain. Seperti halnya permainan softball dan baseball ini. Kedua jenis permainan olahraga tersebut berasal dari Amerika dan membutuhkan kerjasama tim yang hebat dan kuat untuk memperoleh kemenangan. Namun softball dan baseball sering kali dianggap sama oleh banyak orang. Meski sebenarnya olahraga softball dengan baseball sangat berbeda, mulai dari pengertian sampai pemainnya. Lantas apa perbedaan antara softball dan baseball itu?

Perbedaan Softball dan Baseball
Perbedaan antara softball dan baseball tidak mudah dipahami oleh banyak orang, meskipun telah melihat bola yang digunakan dalam olahraga softball dan baseball tersebut. Kedua olahraga terebut memang tidak dapat dibedakan denga mudah jika dilakukan dengan cara melihat proses permainannya secara sekilas. Meski begitu keduanya tetap dapat dibedakan karena sebenarnya dari segi pengertiannya saja sudah tidak sama. Pada kesempatan kali ini saya aka menjelaskan tentang perbedaan antara softball dengan baseball lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Antara Softball Dengan Baseball Lengkap

Dalam perbedaan softball dan baseball sendiri dapat dikategorikan menurut beberapa unsur seperti pengertian, istilah, ukuran lapangan, bola, pemain pria dan wanita, plate, aturan permainan, cara melempar serta area pelemparan bolanya. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Posisi Posisi Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan

Pengertian

Perbedaan antara softball dengan baseball yang pertama ditinjau dari segi pengertiannya. Pengertian baseball (bisbol) ialah jenis olaraga yang dimainkan oleh dua regu atau tim. Dari pengertian ini mungkin tidak jauh berbeda, namun lemparan bola dari tim pelempar akan diusahakan oleh pitcher atau pelempar untuk membuat bola terlempar. Di waktu bersamaan pemain atau batter di tim lawan akan berusaha untuk melakukan pukulan menggunakan tongkat pemukul atau bat. Dalam permainan baseball terdapat usaha tim pelempar untuk menangkap bola yang dipukul oleh tim lawan sehingga dapat mengubah kedudukan tim pelempar menjadi tim pemukul. Jika pemain dapat menuju home plate dengan berlari berlawanan arah jarum jam dan telah menyentuh permukaan lapangan baseball pada bagian base atau markanya, maka tim tersebut akan diberikan angka atau skor.

Kemudian untuk pengertian softball (sofbol) ialah jenis olahraga dari Amerika Serikat yang dimainkan oleh dua tim/regu. Olahraga baseball dikembangkan lebih lanjut hingga melahirkan jenis olahraga softball tersebut. Dalam olahraga ini pemain lawan memiliki target berupa bola yang akan dilemparkan oleh pitcher. Selain itu adapula regu jaga atau regu defensif dan regu pemukul atau regi ofensif dalam olahraga softball. Setiap tim akan berusaha untuk memperoleh run atau angka semaksimal mungkin dengan cara pelari harus sampai ke home plate atau marka akhir. Cara ini dapat dinamakan dengan putaran 3 seri base. Meski pada dasarnya softball merupakan olahraga baseball yang dikembangkan, namun ada beberapa letak perbedaan antara softball dan baseball tersebut.

Istilah

Perbedaan antara softball dengan baseball selanjutnya ditinjau dari segi istilahnya. Baseball memiliki istilah yang berupa "Hardball". Dari istilah ini diketahui bahwa namanya berkebalikan dengan softball. Perbedaan softball dan baseball tersebut cukup terlihat jelas meskipun tidak dilihat dari segi cara bermainnya.

Ukuran Lapangan

Perbedaan softball dengan baseball selanjutnya ditinjau dari segi ukuran lapangannya. Pada dasarnya ukuran lapangan, mulai dari panjang sampai posisi pemain disetiap detail lokasi pada olahraga baseball dan softball tidak jauh berbeda. Bahkan bentuk lapangannya juga sama, namun lapangan sotball lebih kecil daripada lapangan baseball. Memang tidak ada hal yang mencolok pada perbedaan hal tersebut.

Bola

Perbedaan antara softball dengan baseball selanjutnya ditinjau dari segi bola yang digunakan. Olahraga softball dan baseball menggunakan bola yang terlihat sama secara sepintas. Tetapi softball menggunakan ukuran bola yang lebih besar daripada bola baseball dengan ukuran beberapa inci saja. Apabila dilihat dan diukur dengan seksama, maka ukuran bola baseball lebih kecil dibandingkan bola softball. Ukuran bola baseball tersebut sama seperti ukuran bola pada permainan tenis lapangan.
Bola yang Digunakan Dalam Olahraga Softball dan Baseball
Bola yang Digunakan Dalam Olahraga Softball dan Baseball
Baca juga : Teknik Dasar Olahraga Baseball Beserta Cara Melakukan

Pemain Pria dan Wanita

Perbedaan antara softball dan baseball selanjutnya ditinjau dari segi pemainnya. Olahraga baseball dimainkan oleh pria saja, karena dalam peraturan olahraga baseball tertulis ketentuan tersebut. Maka dari itulah baseball dapat dinamakan dengan olahraga hardball. Kemudian untuk olahraga softball dapat dimainkan oleh pria ataupun wanita karena tergolong fleksibel. Bahka para pemain putri atau pemain perempuan dapat memainkan olahraga softball dalam pertandingan tingkat Olympic. Namun tidak menutup kemungkinan permainan softball untuk dimainkan oleh pemain putra. Maka dari itu di seluruh dunia, permainan softball dapat dilakukan oleh pemain putri maupun putra.

Aturan Permainan

Perbedaan antara softball dengan baseball selanjutnya ditinjau dari segi aturan permainannya. Olahraga baseball biasanya menggunakan aturan stealing atau mencuri base. Aturan ini dimaksudkan untuk pelanjuran giliran pemukul setelah pemukul atau batter tersebut dapat mencapai base 1, 2, atau tigas secara otomatis dengan sukses. Kemudian posisi runner tengah berada di base biasa dan sejauh 3 langkah dapat meninggalkan base tersebut. Kemudian dalam kondisi bola terlepad dari lemparan pitcher, runner dapat berlari menuju base selanjutnya. Aturan permainan tersebut terdapat dalam olahraga baseball saja.

Kemudian untuk posisi runner dalam permainan softball dilarang untuk meninggalkan 1 incipun dari basenya. Olahraga ini hanya dapat mengandalkan stealing kecepatan dan kemampuan runner dalam berlari. Berlakunya peraturan ini dikarenakan antar setiap base dalam permainan softball memiliki jarak yang lebih pendek dibandingkan jarak base olahraga baseball. Inilah yang menjadi perbedaan antara softball dan baseball.

Plate

Perbedaan antara softball dengan baseball selanjutnya ditinjau dari segi platenya. Penyentuhan plate oleh pitcher dalam permainan baseball dilakukan ketika akan melempar. Selain itu pitcher baseball juga dapat meletakkan satu kakinya saja. Kemudian untuk penyentuhan plate oleh pitcher permainan softball dilakukan ketika akan melempar namun dalam plate tersebut harus diposisikan kedua kakinya. Maka dari itu ketika berada di plate, olahraga softball harus meletakkan kedua kaki, sedangkan olahraga baseball dapat meletakkan satu kaki saja.

Area Pelemparan Bola

Perbedaan softball dan baseball selanjutnya ditinjau dari segi area pelemparan bolanya. Pitcher dalam permainan baseball memiliki area yang berupa Mount atau gundukan tanah. Sedangkan pitcher dalam permainan softball memiliki area yang tanahnya rata rata saja. Namun tempat pitcher dikedua jenis olahraga ini memiliki base atau plate yang berbentuk persegi panjang.
Baca juga : Cara Memahami Isyarat dari Wasit dalam Sepak Bola

Cara Melempar

Perbedaan antara softball dengan baseball selanjutnya ditinjau dari segi cara melempar bolanya. Pitcher dalam permainan baseball memiliki cara melempar dari atas, lalu menuju ke arah pemukul dengan lurus. Sedangkan pitcher dalam olahraga softball memiliki cara melempar dari bawah menuju ke atas. Dalam olahraga softball ini terkenal dengan nama lemparan pitch yakni kategori slow pitch, dimana lengan pitcher diayunkan dari bawah dan menuju ke atas dengan melambung. 

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara olahraga softball dengan baseball lengkap. Kedua jenis olahraga ini sepintas memang tidak jauh berbeda. Namun apabila diperhatikan lebih lanjut lagi keduanya cukup berbeda, mulai dari segi pengertian hingga pemainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Perbedaan Antara Softball Dengan Baseball Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar