Berikut Ini Adalah Sikap Badan Ketika Melayang di Udara Kecuali

Berikut Ini Adalah Sikap Badan Ketika Melayang di Udara Kecuali - Apa itu lompat jauh? Pengertian lompat jauh adalah sebuah gerakan melompat ke depan untuk berusaha membawa berat badan pada titik tertentu di udara selama mungkin (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan melompa menggunakan salah satu kaki untuk menolak tumpuan demi memperoleh jarak sejauh mingkin. Dengan kata lain lompat jauh ini dapat diartikan sebagai gerakan melompat untuk memperoleh jarak sejauh mungkin menggunakan tumpuan salah satu kaki terkuat.

Dalam lompat jauh sendiri terdapat tujuan dan sasaran yaitu mencapai jarak lompatan sejauh jauhnya menuju bak lompat atau titik pendaratan. Pengukuran jarak lompatan ini berasal dari papan tolakan hingga batas terdekat dari titik pendaratan yang dihasilkan bagian tubuh. Lantas berikut ini adalah sikap badan ketika melayang di udara kecuali apa? Seperti yang kita tahu bahwa sejak zaman Yunani Kuno, kita sudah menemukan olahraga lompat jauh tersebut. Olahraga ini menjadi salah satu latihan militer demi menguji dan melatih kelincahan para prajurit saat melewati rintangan seperti jurang, parit, dan sebagainya.
Berikut Ini Adalah Sikap Badan Ketika Melayang di Udara Kecuali
Gerakan Lompat Jauh
Teknik permainan lompat jauh dikala itu berbeda dengan teknik dasar lompat jauh seperti sekarang ini. Pada zaman dahulu para jumper harus berlari, dimana kedua tangannya harus membawa beban. Hal ini terbukti dari adanya bukti lukisan kuno yang sudah ditemukan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan jawaban terkait pertanyaan berikut ini adalah sikap badan ketika melayang di udara kecuali apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut Ini Adalah Sikap Badan Ketika Melayang di Udara Kecuali

Seperti yang kita tahu bahwa pertama kali olahraga lompat jauh dipertandingkan dalam Olimpiade 1896. Olahraga ini menorehkan berbagai rekor jarak lompatan dalam pertandingan tersebut. Contohnya loncatan dari Jesse Owen pada tahun 1935. Kemudian jarak lompatan dipecahkan oleh Bob Beamon tahun 1968 dan dipecahkan lagi tahun 1991 oleh Mike Powell dengan rekor lompatan sejauh 8,95 meter.

Dalam lompat jauh terdapat beberapa gaya lompatan yang digunakan. Gaya lompat jauh tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Gaya pada lompat jauh ini dapat meliputi gaya melayang diudara, gaya jongkok, dan gaya menggantung. Selain itu lompat jauh juga memiliki beberapa teknik dasar seperti:
  1. Teknik awalan
  2. Teknik tumpuan
  3. Teknik melayang
  4. Teknik mendarat
Setelah memahami apa itu olahraga lompat jauh, kemudian coba kerjakan soal di bawah ini:

Berikut ini adalah sikap badan ketika melayang di udara kecuali . . .
A. Sikap mengambang
B. Sikap jongkok
C. Sikap tengadah
D. Sikap berjalan di udara

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Sikap tengadah.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam lompat jauh terdapat salah satu gaya yang pasti tidak digunakan yaitu sikap tengadah. Jika sikap ini digunakan, maka keseimbangan badan dapat berkurang ketika berada di fase melayang diudara dan resiko terjadinya cedera dapat meningkat ketika gerakan pendaratan dilakukan. Maka dari itu jawaban dari pertanyaan berikut ini adalah sikap badan ketika melayang di udara kecuali sikap tengadah.

Lompat jauh tersebut merupakan jenis olahraga atletik yang memerlukan kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan seorang atlet untuk memperoleh hasil lompatan sejauh jauhnya mulai dari garis lompat atau titik lepas landas dan melakukan gerakan melayang diudara sampai mendarat ke dalam bak pasir sejauh mungkin.

Posting Komentar untuk "Berikut Ini Adalah Sikap Badan Ketika Melayang di Udara Kecuali"