Tiga Tahap Dalam Melakukan Loncat Kangkang Adalah

Tiga Tahap Dalam Melakukan Loncat Kangkang Adalah - Dalam senam lantai atau senan ketangkasan terdapat beberapa jenis gerakan. Salah satunya adalah gerakan loncat kangkang. Loncat kangkang dapat dilakukan dengan menggerakkan kaki hingga membentuk sikap kangkang ketika melewati kuda kuda. Kedua kaki dibuka lebar ketika melakukan gerakan kangkang dan rapatkan kembali kedua kaki ketika mendarat serta melewati kuda kuda. Selain kuda kuda, loncat kangkang juga memiliki tumpuan yang dapat digantikan dengan teman yang membungkuk dimana tingginya minimal lebih dari 60 cm.

Lantas tiga tahap dalam melakukan loncat kangkang adalah apa saja? Loncat kangkang dapat digunakan untuk melatih ketangkasan dan kelentukan. Loncat kangkang ini juga dapat digunakan sebagai latihan dasar dalam gerakan senam ritmik dan artistik. Pengertian loncat kangkang dan teknik dasarnya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Kita dapat melakukan loncat kangkang dengan sempurna asalkan menggunakan beberapa tahapan di dalamnya.

Tiga Tahap Dalam Melakukan Loncat Kangkang Adalah
Gerakan Loncat Kangkang

Loncat kangkang ini merupakan gerakan senam lantai yang dapat dilakukan dengan gerakan melompat melewati peti lompat, dimana posisi kaki terbuka lebar ke arah kanan dan kiri ketika berada di udara. Dalam gerakan loncat kangkang ini terdapat teknik awalan yang harus dikuasai. Teknik awalan loncat kangkang tersebut dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tiga tahap dalam melakukan loncat kangkang adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tiga Tahap Dalam Melakukan Loncat Kangkang Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa dalam melakukan loncat kangkang diperlukan beberapa tahapan. Adapun tahapan untuk melakukan loncat kangkang adalah sebagai berikut:

  1. Awalan yang dilakukan dengan gerakan berlari. Gerakan berlari dapat dilakukan menggunakan kecepatan penuh, mulai dari garis start sampai papan tolakan. Tetapi kita juga harus memperhitungkan langkah kaki dalam loncat kangkang supaya tolakan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kedua kaki.
  2. Tolakan yang dapat dilakukan menggunakan kedua kaki sekuat tenaga dan secara bersamaan sehingga lompatan dapat diperoleh dengan maksimal. Dalam lompat kangkang terdapat tolakan yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu dengan kedua tangan dan kedua kaki ketika berada di atas peti lompat.
  3. Gerakan melayang di udara dalam lompat kangkang dapat dilakukan dengan kedua kaki yang dibuka lebar ke arah kanan dan kiri.
  4. Gerakan pendaratan yang dilakukan menggunakan kedua kaki secara bersamaan. Tekuk sedikit kedua kaki ketika mendarat dengan badan yang diposisikan mengeper. Kemudian luruskan kedua tangan ke atas agar dapat menjaga keseimbangan tubuh.
Dari penjelasan ini, kita dapat menyebutkan tiga tahap dalam melakukan loncat kangkang adalah apa saja. Selain tahapan loncat kangkang tersebut, adapula beberapa kesalahan lompat kangkang yang perlu anda pahami juga yaitu diantaranya:
  • Kurang maksimal melakukan awalan.
  • Menggunakan salah satu kaki ketika melakukan tolakan.
  • Kedua kaki tidak dibuka lebar ketika berada di udara.
Setelah memahami apa itu loncat kangkang, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tiga tahap dalam melakukan loncat kangkang adalah . . .
A. Jongkok, berguling, dan jongkok kembali
B. Pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan
C. Lari cepat, tolakan, dan gerakan saat melayang di udara
D. Kuda-kuda, gerakan inti, dan gerakan penutup
E. Tolakan, melewatkan kaki di atas peti lompat, dan pendaratan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Lari cepat, tolakan, dan gerakan saat melayang di udara.

Dari jawaban tersebut dapat disimpulkan bahwa tiga tahap dalam melakukan loncat kangkang adalah lari cepat, tolakan, dan gerakan saat melayang di udara. Gerakan lompat kangkang dapat dilakukan dengan menggunakan tumpuan kedua kaki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Tiga Tahap Dalam Melakukan Loncat Kangkang Adalah"