Pemain yang Bertugas Mengontrol Pertahanan Dalam Bola Voli Disebut

Pemain yang Bertugas Mengontrol Pertahanan Dalam Bola Voli Disebut - Pada umumnya setiap pemain bola voli ketika bertanding tentunya melakukan tugasnya sesuai dengan posisi yang diperolehnya. Berdasarkan posisinya, tugas pemain bola voli dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti tosser, libero, server, blocker, universal player, maupun tosser. Misalnya saja pemain yang tugasnya mengontrol pertahanan dalam pertandingan bola voli ini yaitu tugas dari pemain libero. Apa itu pemain libero? Pengertian pemain libero adalah pemain yang tugasnya melakukan pertahanan dari serangan lawan.

Seorang libero memang harus memiliki kemampuan untuk menerima serangan lawan agar timnya dapat membangun serangan menggunakan alur bola sehingga bola dapat diarahkan ke tosser. Posisi libero tersebut memiliki ciri khas yaitu mempunyai kebebasan untuk memainkan bola voli dan keluar masuk lapangan. Akan tetapi pemain libero memiliki kekurangan yaitu tidak dapat melancarkan pukulan smash menuju daerah lawan. Pemain libero juga tidak dapat melakukan serangan saat bola di atas net melambung tinggi. Libero bahkan tidak dapat mengembalikan serangan lawan ke depan net secara langsung. Lantas pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut apa?

pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut
Tugas Pemain Libero

Pada umumnya jersey pemain libero mempunyai tugas yang tidak sama dengan pemain bola voli lainnya. Pengertian dan tugas pemain libero tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Biasanya warna kaos jersey libero akan disesuaikan dengan warna kaos rekan satu timnya. Hal semacam ini hampir sama dengan seragam penjaga gawang dalam sepak bola. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pemain yang Bertugas Mengontrol Pertahanan Dalam Bola Voli Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa dalam permainan bola voli terdapat beberapa posisi di dalamnya. Posisi posisi pemain bola voli tersebut disesuaikan dengan tugas masing masing pemain. Salah satunya adalah pemain libero. Selain pemain libero, masih ada beberapa jenis posisi pemain lainnya seperti set upper atau tosser, blocker atau pembendung, server, pemain serbaguna atau universal player, maupun smasher atau spiker. 

Lantas pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut apa? Libero merupakan pemain spesialis yang mengenakan jersey warna berbeda dengan pemain satu timnya, dimana pemain ini memiliki tugas untuk melakukan pertahanan pada permainan bola voli. Kata libero dalam bahasa Italia dapat diartikan sebagai bebas. Maka dari itu libero terkadang mengisi posisi pemain blocker di bagian tengah, meskipun sebenarnya tidak dapat melaksanakan smash ke daerah lawan.

Secara umum pemain libero memang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur semua lini pertahanan. Pemain libero juga mempunyai tugas lainnya yaitu mengejar bola pertama yang arahnya menuju daerah permainan bola voli. Selain memahami posisi pemain bola voli, anda juga harus mengetahui beberapa formasi dalam permainan bola voli. Materi tentang permainan bola voli tersebut pada dasarnya telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini bahkan tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi salah satu bahan soal seperti berikut:

Pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pemain libero.

Seperti yang kita tahu bahwa pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut pemain libero. Libero tersebut pada dasarnya memang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur semua lini pertahanan dalam permainan bola voli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pemain yang Bertugas Mengontrol Pertahanan Dalam Bola Voli Disebut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel