Operan Depan Dada (Chest Pass) Sangat Berguna Untuk Operan

Operan Depan Dada (Chest Pass) Sangat Berguna Untuk Operan - Seperti yang kita tahu bahwa dalam semua cabang olahraga terdapat teknik dasar yang harus dikuasai oleh masing masing atlet. Salah satu teknik dasar basket yang perlu dikuasai adalah teknik chest pass. Chest pass merupakan salah satu dari teknik passing yang terdapat dalam permainan basket sebagai olahraga dari Amerika Serikat tersebut. Teknik passing dalam permainan basket ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu bounce pass (mengoper bola pantulan), baseball pass (operan dari jarak jauh dengan satu tangan), chest pass (mengoper bola setinggi dada), back pass (mengoper bola dari arah belakang), maupun overhead pass (mengoper bola dari atas kepala).

Salah satu teknik passing yang akan saya jelaskan ini berkaitan dengan operan depan dada atau chest pass. Lantas operan depan dada (chest pass) sangat berguna untuk operan mana? Cara melakukan chest pass pada permainan basket tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Apa yang dimaksud chest pass itu? Pengertian chest pass adalah teknik passing atau mengumpan yang terdapat dalam permainan basket. Chest pass tersebut merupakan gerakan mengoper bola menggunakan kedua tangan yang ada di depan dada dalam permainan basket. 
Operan Depan Dada (Chest Pass) Sangat Berguna Untuk Operan
Teknik Chest Pass
Teknik passing pada dasarnya harus dikuasai oleh masing masing pemain. Pengertian teknik passing adalah teknik dasar dalam permainan basket yang dilakukan dengan cara memberikan atau mengoper bola kepada rekan satu tim. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang operan depan dada (chest pass) sangat berguna untuk operan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Operan Depan Dada (Chest Pass) Sangat Berguna Untuk Operan

Dalam permainan bola basket biasanya banyak menggunakan teknik chest pass ini karena mempunyai keunggulan yaitu operan yang dilakukan menghasilkan tenaga yang lebih kuat. Maka dari itu operan bola ke pemain lain dapat berlangsung lebih cepat. Para pemain biasanya paling sering menggunakan teknik chest pass tersebut karena mudah untuk dikuasai.

Chest pass termasuk teknik dasar passing yang mempunyai tingkat akurasi tertinggi saat operan lurus dilakukan. Dengan kata lain chest pass ini mempunyai konsep melempar bola dengan arah yang sejajar dada sehinga mengandalkan akurasi dan dorongan yang tepat. Lantas operan depan dada (chest pass) sangat berguna untuk operan apa? Chest pass tersebut merupakan teknik memberikan bola dalam jarak dekat kepada rekan satu tim. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik chest pass yaitu:
  1. Melakukan awalan dengan berdiri menghadap teman satu tim yang akan diberikan bola.
  2. Kemudian kedua kaki diposisikan terbuka selebar bahu.
  3. Kedua tangan memegang bola di bagian samping bola dan bola diposisikan di depan dada, dimana kedua siku ditekuk ke samping.
  4. Oper bola dengan cara mendorong bola ke arah depan sampai kedua siku dalam posisi lurus. Setelah itu diikuti dengan gerakan lecutan pergelangan tangan.
  5. Salah satu kaki jangan lupa dilangkahkan ke depan agar dorongan bola dapat ditambah.
  6. Setelah bola berhasil diumpan, kemudian posisi tubuh kembali siap seperti semula.
Jika membahas tentang materi chest pass tersebut, maka anda akan menemukan salah satu soal seperti berikut:

Operan depan dada (chest pass) sangat berguna untuk operan . . .
A. Jarak jauh
B. Jarak pendek
C. Penyerangan
D. Penjagaan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Jarak pendek.

Seperti yang kita tahu bahwa operan depan dada (chest pass) sangat berguna untuk operan jarak pendek. Chest pass ini termasuk dalam salah satu jenis teknik passing basket yang perlu dikuasai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Operan Depan Dada (Chest Pass) Sangat Berguna Untuk Operan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel