Latihan Pemanasan Disebut Juga Dengan

Latihan Pemanasan Disebut Juga Dengan - Kita memang harus melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga. Pemanasan tersebut berguna untuk menyegarkan tubuh, mengurangi terjadinya resiko cedera, dan mengoptimalkan manfaat olahraga yang menyehatkan tubuh. Maka dari itu kita harus melakukan pemanasan ketika akan berolahraga sehingga sangat penting. Lantas apa sebenarnya pengertian pemanasan itu? Apa saja manfaat latihan pemanasan?

Pemanasan adalah serangkaian kegiatan fisik yang berguna untuk mempersiapkan tubuh sebelum menjalani olahraga. Pelaksanaan pemanasan ini memang dilakukan sebelum olahraga dimulai di tempat manapun, baik di rumah ataupun di tempat fitnes. Lalu latihan pemanasan disebut juga dengan apa? Pemanasan yang dilakukan dengan tepat akan membuat otot menjadi kuat dan lebih lentur sehingga gerakan latihan atau olahraga fisik dapat dilakukan dengan lebih baik.

latihan pemanasan disebut juga dengan
Gerakan Pemanasan

Seperti yang kita tahu bahwa latihan pemanasan disebut juga dengan warming up jika ditinjau dari segi istilah. Pemanasan memang sebaiknya dilakukan oleh siapa saja, baik atlet ataupun amatir dalam berolahraga. Mengapa pemanasan sangat penting sebelum berolahraga? Hal ini dikarenakan pemanasan memiliki tujuan sekaligus manfaat seperti menghindarkan kita dari cedera berat ataupun ringan. Maka dari itu sendi dan otot dapat dipersiapkan sebelum melakukan gerakan secara optimal. Gerakan pemanasan sendiri tidak boleh dilakukan terlalu lama karena dapat melenturkan otot dan menguras tenaga.

Latihan Pemanasan Disebut Juga Dengan

Apa itu pemanasan? Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang jenis jenis pemanasan dalam olahraga. Pemanasan ini dapat dilaksanakan dengan berbagai cara sesuai dengan jenis olahraganya. Maka dari itu kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan aman. Pemanasan dapat dilakukan dengan kurun waktu sekitar 5 - 10 menit. 

Pemanasan secara istilah memang dapat disebut sebagai warming up. Namun adapula yang menyebutkan bahwa latihan pemanasan disebut juga dengan gerakan peregangan. Melakukan pemanasan sebelum olahraga secara umum memang memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:
  • Meningkatkan pasokan oksigen dan aliran darah menuju seluruh jaringan tubuh.
  • Meningkatkan hormon adrenalin dan kortisol untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh untuk olahraga.
  • Melenturkan dan memperkuat sendi ataupun otot sehingga rentang gerakan tubuh ketika berolahraga semakin maksimal.
  • Merilekskan dan menghangatkan otot tubuh sehingga resiko terjadinya kaki kram dan cedera dapat dikurangi.
  • Menjaga kestabilan detak jantung dan meningkatkan fleksibilitas.
  • Membantu pernapasan menjadi lebih teratur dan lebih dalam.
Materi pemanasan ini tentunya menjadi salah satu bahan pengajaran. Tetapi juga sering digunakan dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Latihan pemanasan disebut juga dengan . . .
A. Meregang
B. Memanas
C. Bersinggungan
D. Maraton

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Meregang.

Kita tahu bahwa latihan pemanasan disebut juga dengan meregang. Hal ini dikarenakan ketika melakukan pemanasan otot akan terbiasa sebelum tadinya kaku ketika melakukan olahraga. Maka dari itu kita harus melenturkan atau merenggangkannya terlebih dahulu. Peregangan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu peregangan dinamis dan peregangan statis. Peregangan statis dilaksanakan menggunakan gerakan yang ditahan dalam waktu tertentu dan diulangi kembali

Bagaimana penjelasan di atas, mudah bukan dipahami? Pemanasan memang merupakan suatu gerakan yang dilaksanakan sebelum melakukan olahraga. Gerakan tersebut mempunyai tujuan untuk meregangkan atau melenturkan otot yang kaku serta mencegah terjadinya cedera ketika berolahraga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Belum ada Komentar untuk "Latihan Pemanasan Disebut Juga Dengan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel