Sejarah Olahraga Dayung Beserta Teknik Dasar dan Peraturan

Sejarah Olahraga Dayung Beserta Teknik Dasar dan Peraturan - Olahraga pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti olahraga darat dan olahraga air. Olahraga air merupakan jenis olahraga yang menggunakan media air untuk melakukannya. Jenis olahraga ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam. Salah satunya ialah olahraga dayung. Apakah anda tahu bagaimana teknik dasar olahraga dayung itu? Apa saja peraturan olahraga dayung itu? Dikalangan masyarakat tentunya sedang populer jenis olahraga dayung ini. Biasanya pelaksanaan olahraga tersebut berada di atas sungai atau laut. Pelaksanaan olahraga dayung biasanya terdiri dari satu orang maupun beberapa orang atau beregu. Meskipun dilakukan beregu, namun setiap pemain juga diwajibkan untuk mengetahui dan menguasai teknik dasar dari olahraga ini.

Dalam pelajaran penjaskes terdapat pembahasan mengenai sejarah olahraga dayung, teknik dasar olahraga dayung dan peraturan olahraga dayung yang berlaku. Ketiga hal ini perlu diketahui jika ingin menjadi atlet olahraga dayung yang profesional. Pengertian olahraga mendayung ialah jenis cabang olahraga yang berlangsung di atas laut, danau atau sungai menggunakan perahu dan dayung. Olahraga ini dapat dilakukan dengan berbagai jenis kayuhan di dalamnya. Olahraga dayung tersebut memiliki konsep membelokkan perahu ke kiri dan ke kanan dengan cara maju atau muncur sehingga tidak heran jika untuk mencapai garis finish biasanya membutuhkan tenaga yang sangat banyak. Untuk itu anda harus memiliki energi yang cukup sebelum melakukan olahraga dayung ini.
Sejarah Olahraga Dayung Beserta Teknik Dasar dan Peraturan
Olahraga Dayung
Olahraga dayung dapat dianggap sebagai salah satu tes ketahanan tubuh menggunakan kecepatan tertentu untuk menyelesaikannnya dalam hitungan menit dengan jarak tempuh 1000 m sampai garis finish. Olahraga ini memiliki sejarah, teknik dasar dan peraturan yang berbeda dengan jenis olahraga lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah olahraga dayung beserta teknik dasar olahraga dayung dan peraturan olahraga dayung. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sejarah Olahraga Dayung Beserta Teknik Dasar dan Peraturan

Pada zaman dahulu olahraga dayung telah populer di kalangan masyarakat. Masyarakat di zaman kuno mengganggap olahraga ini sebagai jenis olahraga yang dilakukan sehari hari. W.P Stephens merupakan seorang ahli bidang olahraga yang pertama kali mendirikan olahraga dayung pada tahun 1980an. Olahraga tersebut diartikan sebagai suatu perahu dengan proporsi sempit dan memiliki ukuran panjang. Pembuatan kedua ujung perahu tersebut memang berbentuk runcing dengan genggaman tangan sehingga perahu dapat digerakkan ke depan seluruhnya oleh awak perahu. 
Setelah menjelaskan tentang pengertian olahraga dayung dan sejarah olahraga dayung singkat di atas, tentunya anda mengetahui gambaran mengenai jenis olahraga ini. Olahraga tersebut dapat dilaksanakan dengan mudah menggunakan teknik dasar yang berlaku. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai teknik dasar olahraga dayung dan peraturan olahraga dayung yaitu sebagai berikut:

Teknik Olahraga Dayung

Olahraga dayung memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Teknik ini digunakan untuk memudahkan anda dalam melakukan olahraga mendayung. Adapun teknik dasar olahraga mendayung yaitu sebagai berikut:

Teknik Dayung Maju

Teknik dasar olahraga dayung yang pertama yaitu teknik dayung maju. Teknik dasar ini memiliki gerakan kayuhan dayung ke arah depan dan lurus mengikuti alur di bagian lambung pinggir perahunya. Untuk itu para pendayung pada umumnya mengarah ke depan sembari menunggu aba aba khusus dari komando.

Teknik Dayung Mundur

Teknik dasar olahraga mendayung selanjutnya yaitu teknik dayung mundur. Teknik ini memiliki gerakan kayuhan yang mengarah ke depan namun dilakukan dari belakang. Tetapi pastikan komando yang menentukan teknik dayung perahu ketika digerakkan mundur.

Teknik Dayung Pancung

Setelah memahami sejarah olahraga dayung di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang teknik olahraga dayung berupa teknik dayung pancung. Teknik dayung pancung ialah teknik mendayung biasa yang berguna untuk menggeser perahu di bagian depan ke arah samping sehingga dapat sampai ke garis finish. 

Teknik Dayung Tolak (Pry Stroke)

Teknik olahraga mendayung selanjutnya ialah teknik dayung tolak. Teknik ini digunakan untuk mendukung teknik menarik atau mendayung perahu sehingga dapat dikendalikan dengan baik ketika dayung dimasukkan dalam air.

Teknik Dayung C Stroke

Teknik dasar olahraga dayung selanjutnya yaitu teknik dayung C stroke. Teknik ini digunakan untuk membelokan perahu menuju arah yang menyerupai huruf C dengan cepat sehingga dayungan yang dibentuk dapat lebih efektif dan lebih baik.

Teknik Berhenti

Teknik mendayung selanjutnya yaitu teknik berhenti. Teknik berhenti ialah teknik yang digunakan untuk menghentikan perahu dengan gerakkan kompak antara pendayung dan perahunya. Meskipun tedengar sederhana dan mudah tapi faktanya teknik berhenti membutuhkan konsektrasi dan kecakapan tingkat tinggi. 

Peraturan Olahraga Dayung

Setelah menjelaskan tentang sejarah olahraga dayung singkat dan teknik dasar olahraga dayung di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang peraturan olahraga mendayung dalam Olimpiade. Olahraga mendayung memiliki beberapa peraturan di dalamnya seperti:
  • Jarak tempuh untuk mendayung perahu kurang lebih 2000 m.
  • Diameter perahu yang digunakan untuk mendayung sekitar 4 - 6 cm.
  • Berat perahu scull yaitu 52 kg dengan panjang 13,4 m.
  • Berat perahu single scull sekitar 14 kg dengan panjang 8,2 m.
  • Berat perahu double scull sekitar 27 kg dengan panjang 10,4 m.
  • Pemenang olimpiade ialah pendayung yang dapat melewati atau mencapai garis finish tercepat.
  • Setiap kategori terdapat dayung yang panjangnya 2,87 pada masing masing sweep.
Demikianlah penjelasan mengenai sejarah olahraga dayung beserta teknik dasar olahraga dayung dan peraturan olahraga dayung. Olahraga mendayung ialah jenis cabang olahraga yang berlangsung di atas laut, danau atau sungai menggunakan perahu dan dayung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Olahraga Dayung Beserta Teknik Dasar dan Peraturan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel