Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap

Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap - Latihan fisik bola Voli memang diperlukan untuk menjadi pemain yang mempunyai fisik kuat dan juga kemampuan yang berkualitas. Apalagi jika anda termasuk dalam pemain pemula, maka latihan fisik ini sangat dibutuhkan dan perlu dilakukan. Latihan fisik ini berguna untuk membuat kemampuan pemain menjadi lebih sempurna dibandingkan kemampuan sebelumnya. Dengan begitu performa yang diberikan oleh pemain dapat lebih maksimal. Untuk itulah latihan fisik ini sangat penting untuk menunjang pemain menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya. Lantas apa saja bentuk latihan fisik permainan voli itu? Permainan voli pada umumnya merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Dalam permainan bola voli pada umumna tidak hanya menguasai teknik dasar bola voli saja. Namun anda juga harus memahami berbagai jenis latihan fisik permainan bola voli untuk menunjang kemampuan yang dimiliki. Dengan latihan tersebut diharapkan kemampuan pemain dapat menjadi berkembang dan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Latihan fisik tersebut dapat dilakukan oleh pemain voli putra maupun putri. Dengan begitu kekuatan yang dimiliki oleh pemain menjadi maksimal dan tidak menyerah dengan mudah ketika sedang bertanding. Latihan fisik yang dilakukan oleh pemain harus bertahap dan konsisten agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Otot otot tubuh seorang pemain voli memang harus selalu dilatih seperti otot bagian perut, otot lengan maupun otot kaki. Untuk itulah pemain profesional biasanya selalu menerapkan latihan fisik bola voli secara teratur dan rutin.
Latihan Fisik pada Permainan Bola Voli
Secara khusus kemampuan seorang pemain voli dapat ditingkatkan dengan berbagai jenis bentuk latihan. Latihan ini tidak hanya dilakukan oleh pemain bola voli saja, tetapi juga dilakukan oleh jenis olahraga lainnya. Seorang atlet pada dasarnya memang mengandalkan kekuatan fisik yang diimbangi dengan penguasaan teknik dasar yang baik. Jika keduanya tidak saling berhubungan satu sama lain, maka bisa saja atlet tersebut tidak dapat mengeluarkan kekuatannya dengan maksimal. Jika hal ini terjadi, maka pertandingan tidak dapat dimenangkan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa latihan fisik permainan bola voli dan penjelasannya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap

Apakah anda tahu apa saja bentuk latihan fisik bola voli itu? Bagaimana cara melakukan latihan fisik voli itu? Olahraga voli sekarang ini memang menjadi primadona dikalangan masyarakat luas. Mulai dari kecil hingga dewasa selalu memainkan olagraga bola voli tersebut. Apakah anda salah satu peminat bola voli juga? Jika iya, apa saja bentuk latihan yang anda lakukan? Manfaat melakukan latihan fisik ini tentunya sangat banyak. Manfaat latihan fisik tersebut seperti membuat kemampuan pemain menjadi lebih maksimal, menjaga daya tahan tubuh, melatih kondisi tubuh ketika akan melakukan pertandingan dan sebagainya.
Baca juga : Pola Penyerangan, Pertahanan, dan Perwasitan Bola Voli Lengkap
Pemain voli tidak hanya dituntut untuk menguasai teknik dasar bola voli saja, namun para pemain juga dituntut untuk melakukan latihan fisik untuk menunjangg daya tahan tibuh mereka. Jika latihan fisik tersebut terus dilakukan dengan rutin dan teratur, maka performa pemain saat bertanding akan lebih maksimal. Dengan begitu hasil pertandingannya dapat dimenangkan. Kehebatan pemain tidak dapat ditandingi jika ia berlatih setiap hari dengan teratur. Di bawah ini terdapat beberapa bentuk latihan fisik permainan bola voli beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Peregangan

Bentuk latihan fisik bola voli selanjutnya ialah peregangan. Pada umumnya anda dapat melakukan peregangan secara rutin dirumah. Apa yang dimaksud peregangan itu? Pengertian peregangan ialah latihan dasar fisik yang pelaksanaannya sebelum melakukan olahraga. Tujuan utama peregangan tersebut ialah untuk membuat otot lebih fleksibel, mencegah terjadinya cedera dan mencegah rasa sakit. Namun Brian Mac berpendapat bahwa peregangan dibutuhkan dalam latihan pada bagian terakhirnya. Lama waktu peregangan tersebut cukup 30 detik saja. Jika anda lakukan peregangan ini dengan rutin, maka tubuh anda akan menjadi lebih fleksibel. Pemain voli pada umumnya harus melakukan peregangan pada bagian dada, tubuh bagian bawah dan bahu agar lebih fleksibel. Dengan begitu pemain voli tidak akan mudah cedera. Di bawah ini terdapat beberapa jenis peregangan yaitu meliputi:
  • Peregangan adduktor
  • Peregangan bahu
  • Peregangan dada
  • Peregangan hamstring
  • Runner lunge
  • Peregangan paha depan
  • Peregangan pangkal paha

Melatih Otot Perut

Latihan fisik permainan bola voli selanjutnya ialah latihan untuk otot perut. Para pemain voli melakukan latihan otot perut dengan melaksanakan sit up. Apa yang dimaksud sit up. Sit up ialah bentuk latihan yang berguna untuk membuat otot perut menjadi lebih kuat. Adapun cara melakukan sit up yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh tidur telentang. Kemudian kedua lutut ditekuk. Lalu kaitkan jari tangan satu sama lain dan letakkan di bagian belakang kepala. 
  • Setelah itu mintalah bantuan teman agar bagian pergelangan kaki anda dapat dipegang dan ditahan.
  • Lalu tubuh diangkat sampai posisinya telah duduk. Tetapi pastikan letak kedua tangan tetap di belakang kepala.
  • Turunkan tubuh sampai posisinya kembali ke awal. Lakukan gerakan tersebut secara berulang kali.

Melatih Otot Lengan

Latihan fisik permainan voli selanjutnya ialah latihan untuk otot lengan. Bentuk latihan otot lengan ini dapat berupa push up. Pelaksanaan push up tersebut bertujuan untuk membuat otot lengan dan bahu menjadi lebih kuat. Adapun cara melakukan push up yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh tidur telungkup, lalu kaki diluruskan ke arah belakang. Kedua kaki tersebut kemudian dirapatkan.
  • Kedua telapak tangan kemudikan ditapakkan ke lantai dengan posisi disamping dada. Hadapkan jari jari tangan ke arah depan dan bagian siku ditekuk.
  • Angkat tubuh ke arah atas sampai posisi kedua tangan lurus. Posisi tubuh dengan kepala kaki harus membentuk satu garis lurus.
  • Tekuk lengan untuk menurunkan tubuh kembali seperti semula. Namun bagian kaki, kepala dan tubuh tetap lurus dan tidak menyentuh lantai.
  • Lakukan gerakan tersebut berulang kali.
Baca juga :  8 Peraturan Permainan Bola Voli Nasional dan Internasional Terlengkap

Melatih Otot Punggung

Latihan fisik bola voli selanjutnya ialah latihan untuk otot punggung. Para pemain voli melakukan latihan otot punggung dengan melaksanakan back up. Apa yang dimaksud back up? Back up ialah bentuk latihan yang berguna untuk membuat otot punggung menjadi lebih kuat. Adapun cara melakukan back up yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh tidur telungkup.
  • Kemudian luruskan kedua kaki kearah belakang dan rapatkan. Kemudian letakkan kedua tangan di samping tubuh dalam posisi lurus. Selain itu, anda juga dapat meluruskan kedua tangan ke arah depan.
  • Lalu bagian tubuh atas saja yang diangkat, mulai dari bagian kepala sampai dada. Sedangkan untuk bagian ujung kaki sampai paha termasuk tubuh bagian bawah. Maka dari itu bagian tengah tubuh dijadikan sebagai tumpuan berat badan. 
  • Seluruh bagian tubuh yang diangkat tadi kemudian diturunkan lagi sampai posisinya kembali ke awal.
  • Lakukan gerakan tersebut sebanyak mungkin dan berulang kali hingga tubuh tidak kuat lagi.

Melatih Daya Tahan

Latihan fisik permainan bola voli selanjutnya ditujukan untuk melatih data tahan. Latihan endurance (daya tahan) ini memang diperlukan bagi para atlet atau pemain voli. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh adalah salah satu penunjang kemampuan aliran darah, paru paru dan jantung yang bekerja dengan efisien dan optimal. Adapun bentuk latihan endurance yaitu meliputi:
  • Lari berjarak 2,4 km
  • Lari 12 menit
  • Lari naik turun bukit
  • Lari Multistage
  • Angkat beban yang ringan, tetapi repitisinya banyak.

Melatih Kecepatan

Latihan fisik permainan voli selanjutnya ditujukan untuk melatih kecepatan. Kecepatan ialah kemampuan bentuk gerakan berkesinambungan yang sama dan sangat singkat waktunya. Kecepatan yang baik memang sangat diperlukan untuk para pemain atlet bola voli. Dengan begitu cara bermain mereka akan lebih maksimal. Kecepatan pada umumnya dapat dilatih dengan melakukan lari. Hal ini bertujuan agar kecepatan otot tungkai lebih meningkat ketika sedang bekerja. Meski begitu saat berlari, anda juga harus lebih waspada agar tidak menimbulkan cedera. Adapun beberapa bentuk latihan kecepatan yaitu diantaranya:
  • Lari cepat 50 meter
  • Lari cepat 100 meter
  • Lari cepat 200 meter

Gerakan Isometrik

Latihan fisik bola voli selanjutnya ialah gerakan gerakan isometrik. Gerakan isometrik ialah gerakan yang digunakan untuk membuat tubuh kita dapat melompat dengan tinggi dan kuat. Hal ini dikarenakan gerakan pengulangan otot tertentu dalam permainan bola voli memang memiliki aturannya sendiri. Adapun beberapa bentuk latihannya yaitu:
  • Calf raises
  • Plank
  • Pose brigade
  • Wall sits
Demikianlah penjelasan mengenai beberapa latihan fisik permainan bola voli terlengkap. Latihan fisik pada permainan bola voli berguna untuk membuat kemampuan pemain menjadi lebih sempurna dibandingkan kemampuan sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel