Pengertian Jalan Cepat Beserta Manfaat Terlengkap

Pengertian Jalan Cepat Beserta Manfaat Terlengkap - Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang diperoleh saat melakukan olahraga. Olahraga memang dapat membuat tubuh sehat dan membuat awet muda juga. Salah satunya ialah olahraga jalan cepat. Apa yang dimaksud olahraga jalan cepat itu? Apa saja manfaat jalan cepat? Jenis olahraga ini tentunya berbeda dengan olahraga lari. Letak perbedaannya tersebut ada pada kecepatan yang digunakannya. Pada dasarnya memang jalan cepat tidak jauh berbeda dengan olahraga lari. Hanya saja kecepatan saat berjalan dan berlari inilah yang menjadi titik utama dalam pelaksanan kedua cabang olahraga tersebut.

Telapak kaki orang yang sedang berlari berada dalam posisi melayang sehingga untuk menginjakkan ke tanahnya lebih jarang. Sedangkan untuk telapak kaki saat sedang berjalan cepat selalu bersentuhan dengan tanah lebih sering. Akan tetapi diantara kedua jenis olahraga ini memiliki persamaan berupa sering dipertandingkan dalam berbagai ajang olahraga di dunia, meskipun secara sekilas memang terlihat berbeda. Apakah anda tahu pengertian jalan cepat itu? Sebutkan pula manfaat manfaat jalan cepat? Olahraga jalan cepat dapat dinamakan dengan Race Walking. Jalan cepat ini merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki gerakan kaki melangkah maju, namun berhubungan terus dengan tanah sehingga tidak terputus putus.
Olahraga Jalan Cepat
Ketika akan melakukan olahraga jalan cepat, maka kaki depan sudah harus dipastikan oleh orang tersebut bahwa sebelum kaki belakang tidak menginjak tanah atau meninggalkannya maka kaki depan sudah harus menyentuh tanah. Posisi kaki ini tidak boleh bengkok atau harus lurus ketika salah satu kaki terletak di tanah serta posisi tumpuan kakinya juga harus lurus. Pada umumnya nomor perlombaan jalan cepat dapat mencapai 100 km atau sekitar 3000 meter. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian jalan cepat beserta manfaat jalan cepat terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Jalan Cepat Beserta Manfaat Terlengkap

Definisi jalan cepat ialah suatu gerakan maju dalam melangkahkan kaki hingga tetap menyentuh permukaan tanah sampai tidak terputus sehingga dengan cepat dapat dilakukan oleh seseorang. Jalan cepat ini juga dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan berjalan cukup cepat. Manfaat jalan cepat tersebut dapat diperoleh dengan maksimal jika pelaksanaannya setiap hari selama 30 menit - 1 jam. Dengan melakukan olahraga jalan cepat secara teratur dan rutin, maka hasil manfaat yang diperoleh lebih maksimal.
Baca juga : Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis Lengkap
Selain pengertian jalan cepat, adapula beberapa tips melakukan olahraga jalan cepat. Jalan cepat memang memiliki beberapa tips dalam pelaksanaannya yaitu sebagai berikut:

Memilih Sepatu yang Tepat
Tips melakukan jalan cepat yang pertama ialah memilih sepatu yang tepat. Aktifitas seperti ini memang membutuhkan ketepatan sepatu untuk digunakan sehingga langkah kaki dapat dipercepat dan pelaksanaannya dapat lebih mudah. Untuk itu penggunaan sepatu harus tepat, dimana bagian alas yang dimiliki haris disesuaikan dengan medan tempuh jalannya. Selain itu, sepatu yang digunakan juga harus empuk, ringan dan fleksibel sehingga olahraha jalan cepat dapat dilakukan dengan sempurna.

Pemanasan
Tips melakukan olahraga jalan cepat selanjutnya ialah melakukan pemanasan. Sebelum melakukan olahraga jalan cepat memang harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, karena merupakan hal penting untuk dilakukan. Pemanasan tersebut membuat olahraga jalan cepat dapat dilakukan lebih nyaman. Waktu yang dibutuhkan untuk pemanasan kurang lebih 5 - 10 menit. Pemanasan bertujuan untuk meregangkan sel sel otot pada tubuh agar lebih rileks.

Gerakan Kaki
Tips jalan cepat selanjutnya berhubungan dengan gerakan kaki. Tips seperti ini juga perlu anda perhatikan selain mengetahui pengertian jalan cepat saja. Yang paling utama dalam melakukan perjalanan olahraga jalan cepat ialah memperhatikan arah pada langkah kaki. Langkah kaki ini memang harus diperhatikan arahnya agar tidak menyebabkan hal hal seperti di bawah ini:
  • Kesemutan
  • Keseleo
  • Keram kaki
  • Gatal gatal

Gerakan Lengan
Tips olahraga jalan cepat selanjutnya berhubungan dengan gerakan lengan. Gerakan lengan juga harus diperhatikan dalam melakukan jalan cepat. Hal ini dikarenakan kenyamanan dari olahraga jalan cepat tersebut terletak pada ayunan tangan yang sempurna. Adapun beberapa hal terkait gerakan lengan yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:
  • Siku ditekuk dengan sudut 90 derajat. Setelah itu kedua tangan dikepalkan.
  • Ketika olahraga jalan cepat dilakukan, pastikan tidak membawa benda benda berat.
  • Siku dibiarkan bergerak mengikuti alur tubuh.
  • Lengan memiliki arah yang berlawanan dengan arah langkah kaki.
  • Usahakan gerakan tetap lurus ketika lengan bergerak maju.
Baca juga : 10 Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia dan Penjelasannya Terlengkap

Manfaat Jalan Cepat

Setelah menjelaskan tentang pengertian jalan cepat dan tips melakukan jalan cepat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa manfaat jalan cepat. Olahraga jalan cepat memang memiiki beberapa manfaat seperti di bawah ini:
  • Memperbaiki suasana pada hati.
  • Menjaga kesehatan pada jantung.
  • Mengontrol dan mencegah diabetes.
  • Mencegah penyakit osteoarthritis.
  • Membuat resiko kanker berkurang.
Manfaat olahraga jalan cepat ini memang berhubungan dengan pengurangan peradangan sehingga pada tubuh manusia dapat terbentuk sistem kekebalan yang kuat. Selain itu kegunaan pelaksanaan jalan cepat secara rutin juga bertujuan untuk mencegah berbagai penyakit yang timbul seperti sendi kaku, bengkak dan nyeri.

Sekian penjelasan mengenai pengertian jalan cepat beserta manfaat jalan cepat terlengkap. Olahraga jalan cepat ialah suatu gerakan maju dalam melangkahkan kaki hingga tetap menyentuh permukaan tanah sampai tidak terputus sehingga dengan cepat dapat dilakukan oleh seseorang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Jalan Cepat Beserta Manfaat Terlengkap"