Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis Lengkap

Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis Lengkap - Dalam bulutangkis terdapat pukulan forehand dan backhand yang tenaganya cukup kuat dengan cara berlatih. Publik semakin tertarik dengan cabang olahraga bulutangkis karena di kancah Internasional terdapat beberapa prestasi para atlet yang diraihnya. Publik sangat menunggu nunggu dan memiliki uforia cukup besar dengan perhelatan bulutangkis yang ada di Indonesia. Di dalam bulutangkis sendiri terdapat teknik dasar yang perlu dikuasai, terutama bagi anda yang ingin menjadi atlet profesional. Salah satu teknik dasar bulutangkis yang perlu dikuasai ialah teknik pukulan seperti pukulan forehand dan backhand. Bagaimana cara melatih pukulan forehand pada bulutangkis? Bagaimana cara melatih pukulan backhand pada bulutangkis itu?

Cara melatih pukulan forehand dan backhand pada bulutangkis dilakukan dalam beberapa waktu agar anda yang masih pemula dapat menguasai teknik ini. Pada dasarnya cabang olahraga bulutangkis merupakan sebuah olahraga yang telah ada di Indonesia dan populer dikalangan masyarakatnya, mulai dari anak anak hingga dewasa. Cabang olahraga bulutangkis di Indonesia menghasilkan atlet atlet berprestasi hingga membuat negara ini disegani di kancah Internasional. Maka dari itulah tidak heran apabila banyak orang yang menyukai jenis olahraga ini.
Teknik Pukulan Pada Bulutangkis
Kekuatan dan bakat prestasi menjadi pemain bulutangkis memang sangat diperlukan, namun latihan juga perlu dilakukan oleh pemain tersebut dengan sungguh sungguh. Jika dalam permainan bulutangkis tidak disertai dengan latihan terlebih dahulu, maka prestasi yang dibuat oleh pemain tersebut juga tidak ada. Untuk itulah penting untuk menerapkan cara melatih pukulan forehand pada bulutangkis dan cara melatih pukulan backhand pada bulutangkis tersebut. Ketepatan dan kekuatan pukulan memang menjadi aspek penting dalam permainan bulutangkis. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melatih pukulan forehand dan backhand pada bulutangkis lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis Lengkap

Teknik pukulan dalam bulutangkis pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yakni pukulan backhand dan pukulan forehand. Kedua jenis pukulan bulutangkis ini perlu anda latih agar dapat dikuasai dengan baik, terutama bagi anda yang masih pemula. Cara melatih pukulan forehand pada bulutangkis dan cara melatih pukulan backhand pada bulutangkis memang perlu dilakukan secara berkesinambungan, sungguh sungguh dan dengan latihan khusus. Dengan begitu teknik dasar bulutangkis ini dapat dikuasai dengan mahir. Pukulan memang menjadi salah satu inti penting dalam permainan bulutangkis.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap pemain bulutangkis memiliki syarat atau ketentuan penting yang wajib dikuasai yakni teknik pukulan forehand dan backhand tersebut. Dengan teknik ini diharapkan pemain tersebut dapat mencetak angka untuk dirinya sendiri atau untuk timnya sendiri. Lantas bagaimana cara melatih pukulan pada bulutangkis itu? Di bawah ini terdapat cara melatih pukulan forehand dan backhand pada bulutangkis yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis pada Permainan Bulutangkis

Pukulan Forehand

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah cara melatih pukulan forehand pada bulutangkis. Pukulan forehand ialah jenis pukulan yang pelaksanaannya menggunakan raket bagian depan. Adapun cara melatih teknik pukulan bulutangkis ini yaitu meliputi:
  • Badan diposisikan siap dan berdiri dimana posisi kuda kuda ditengah lapangan dipasang dan usahakan letak raket ada di bagian depan.
  • Arahkan pandangan anda lurus ke bola yang datang.
  • Setelah itu mintalah pelatih atau teman kamu untuk melemparkan Shutlecock atau bola.
  • Kemudian lakukan pukulan dengan segera ketika umpan datang dan bola dijemput dengan cepat.
  • Ketika memukul usahakan posisi raketnya terletak di atas bahu agar pukulan dapat siap dilakukan.
  • Pastikan pemukulan bola dilakukan ketika letak bola dengan bibir net telah sedekat mungkin.
  • Segera kembali bersiap setelah pukulan dilakukan sehingga pukulan selanjutnya dapat diterima.

Pukulan Backhand

Cara melatih pukulan forehand dan backhand pada bulutangkis memang perlu dilakukan oleh para pemain. Untuk itulah selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara melatih pukulan backhand pada bulutangkis. Backhand merupakan jenis pukulan yang pelaksanaannya cukup sulit, terlebih lagi untuk pemain pemula. Pelaksanaan pukulan backhand biasanya terjadi jika letak bola ada di sebelah kiri tubuh sehingga lebih dominan tangan kiri dalam pemukulannya. Di bawah ini terdapat cara melatih pukulan backhand dalam bulutangkis yaitu sebagai berikut:
  • Badan diposisikan berdiri siap dimana kuda kuda ditengah lapangan dipasang dan letak raket diusahakan ada di depan.
  • Arahkan pandangan anda ke bola yang datang.
  • Setelah itu mintalah pelatih atau teman anda untuk melemparkan bola dari arah kiri badan.
  • Kemudian lakukan pukulan dengan segera setelah umpan datang dan pastikan dengan cepat pelaksanaannya sehingga bola dapat dijemput.
  • Rilekskan pergelangan tangan sehingga pukulan backhand dapat dilakukan dengan baik karena membutuhkan lecutan, kekuatan dan kelenturan pergelangan tangan.
Baca juga : Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis

Melatih Kekuatan Pukulan Dengan Botol Air Mineral

Cara melatih pukulan forehand dan backhand pada bulutangkis dapat dilakukan dengan botol air mineral. Latihan ini ditujukan untuk melatih kelenturan dan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan pukulan. Kita hanya perlu mempersiapkan botol air mineral yang diisi air ukuran 800 mL. Latihan ini dapat kita lakukan dengan santai seperti saat istirahat ataupun nonton TV. Adapun cara melatih kekuatan pukulan bulutangkis yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama ialah melakukan pemanasan yang cukup sehingga latihan dengan otot tersebut siap dilakukan serta terjadinya cedera dapat diminimalisir.
  • Botol mineral yang telah diisi air tadi kemudian diambil.
  • Botol air tadi digenggam seperti memegang raket pada umumnya.
  • Setelah itu pergelangan tangan digerakkan ke belakang dan depan. Bagi pemain pemula hanya cukup mengulang latihan ini sesuai kemampuan dan dengan interval 5 saja.
  • Lalu dilanjutkan dengan putaran pergelangan tangan yang dilakukan agar lecutan dan kekuatan pergelangan tangan lebih baik.
Sekian penjelasan mengenai cara melatih pukulan forehand dan backhand pada bulutangkis lengkap. Latihan memang diperlukan untuk menjadi pemain bulutangkis profesional sehingga tidak hanya membutuhkan bakat dan kemampuan saja. Hal ini dikarenakan kemampuan dan bakat ini tidak akan berkembang jika tidak dilatih dengan sungguh sungguh dan teratur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi cara melatih teknik pukulan bulutangkis di atas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel