Strategi Servis Panjang dan Pendek di Lapangan Bulutangkis

 Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Bulutangkis - Bulutangkis adalah olahraga yang memadukan kecepatan, ketepatan, dan kekuatan. Dalam permainan ini, servis menjadi elemen kunci yang tidak boleh diabaikan.


Setiap olahraga memiliki aspek dan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan tersebut meliputi ukuran lapangan, peraturan dasar, jenis permainan dan lain sebagainya. Inilah yang membuat mapel penjas sangat variatif dan banyak diminati oleh siswa. Selain menyehatkan, setiap aktivitas di dalamnya terasa sangat menyenangkan terlebih jika kalian lakukan bersama teman sekelas. Di lain sisi, guru pun juga sering mengajarkan materi tertentu secara mendalam karena sering muncul sebagai butir soal ujian.

Bulutangkis sendiri merupakan jenis olahraga yang digemari oleh masyarakat mulai anak muda sampai dewasa. Tapi sebelum mulai memainkannya ada beberapa teknik dasar yang harus kalian kuasai terlebih dahulu. Salah satunya adalah teknik dasar servis panjang bulutangkis untuk melesatkan bola ke belakang. Selain itu, kalian juga perlu mempelajari cara melakukan servis pendek pula. Keduanya adalah teknik dasar pukulan dalam badminton yang menurut saya cukup kompleks meski kelihatanya mudah.

Teknik Servis dalam Permainan Bulutangkis

Servis dalam permainan bulutangkis harus dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi sehingga hasilnya nanti akan menguntungkan dan bukan malah merugikan. Pada dasarnya pelaksanaan servis yang baik terkadang membuat pemain lawan kesusahan dalam melakukan serangan balasan. Jika servis panjang atau pendekdilakukan dengan jelek maka akan membawa dampak buruk kepada tim sendiri. Contohnya membuat kok tidak sampai ke daerah lawan atau malah tersangkut di net sehingga kalian dapat kehilangan angka.

Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Bulutangkis

Servis menjadi salah satu teknik dasar bulutangkis yang wajib kalian kuasai. Melalui pukulan yang baik dan benar maka pemain dapat melancarkan serangan dan menjalankan pola pertahanan lebih efektif. Servis juga menandai awal dimulainya permainan jadi pelaksananaanya pun harus benar dan sesuai dengan peraturan. Apa yang terjadi jika kita gagal melakukan servis? tentu saja kegagalan tersebut akan menghasilkan poin untuk lawan.

Materi yang berisi teknik dasar servis panjang bulutangkis biasanya akan diberikan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Pada pembahasan yang sama kalian juga akan menjumpai teknik servis pendek yang notabenya sangat mudah untuk dikuasai. Semua materi tersebut juga dapat kalian baca sendiri dari buku pedoman penjas. Meski demikian, beberapa siswa masih mengeluh tak mampu menghafalkannya.

Gambar Teknik Pukulan Servis Dalam Bulutangkis

Sebenarnya cara melakukan servis panjang pendek bulutangkis tidaklah terlalu sulit seperti yang kalian bayangkan. Pemain hanya perlu memahami teknik serta mempraktekan gerakannya menggunakan tempo yang tepat. Mempelajari teori serta berlatih secara rutin menjadi kunci utama untuk menguasai teknik dasar satu ini. 
Baca juga : Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton

Memilih teknik dasar servis bulutangkis pun tak boleh sembarangan dan harus sesuai strategi. Pasalnya, kedua cara servis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Alih-alih mampu menekan pergerakan lawan, pemilihan yang salah justru akan menyebabkan blunder bagi pemain itu sendiri. Oleh karenanya, saya telah membuat rangkuman bagaimana cara melakukan servis pendek maupun panjang yang baik dan benar.

Teknik Dasar Servis Panjang

Sebenarnya istilah panjang dan pendek pada serve lebih mengacu pada jarak yang dihasilkan dari pukulan. Jika kalian menarget area belakang pertahanan lawan maka pukulan yang harus dilancarkan adalah service panjang. Begitu juga dengan service pendek yang menargetkan area depan di dekat net yang notabenya mampu mengecoh lawan.

Cara melakukan servis panjang bulutangkis ditandai dengan pukulan shuttlecock dari arah bawah. Kemudian membuatnya agar sampai ke lapangan lawan dengan cara mengarahkannya ke bagian belakang atas.

Ketika memilih pukulan panjang kalian harus benar-benar memperhatikan power yang dipakai. Jangan sampai memukulnya terlalu kuat karena berakibat kok keluar dari lapangan. Di lain sisi, jika power terlalu lemah maka kok tak akan melambung ke atas dan mudah untuk dikembalikan lawan.

Biasanya servis panjang banyak digunakan untuk jenis permainan bulutangkis tunggal. Maka dari itu servis panjang dapat disebut sebagai "Deep Single Serve". Di bawah ini terdapat cara melakukan servis panjang dalam bulutangkis yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks. Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Gunakan kaki belakang untuk menumpu berat badan.
  2. Setelah itu berat badan dipindahkan ke arah depan dan kok dijatuhkan. Dalam waktu yang bersamaan, raket diayunkan ke depan atas melewati pinggang bagian bawah.
  3. Lalu kok dipukul sekuat mungkin. Pemukulan kok dilanjutkan sampai raket dalam posisi yang menghadap ke atas.
  4. Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok.

    Servis panjang sendiri bertujuan untuk mengarahkan bola ke belakang dengan posisi melambung sehingga musuh akan kewalahan dalam melakukan serangan balik. Teknik ini cukup populer dipakai oleh atlit internasional karena cukup mudah untuk dilakukan. Tapi kalian perlu berkonsentrasi dan memukul secara presisi karena power yang terlalu besar justru akan membuat kok terlepar ke luar lapangan.

    Teknik Dasar Servis Pendek

    Pelaksanaan servis pendek dalam bulutangkis mengarah ke lapangan lawan pada bagian depan. Pemain profesional banyak memakai teknik ini karena mampu mengecoh lawan. Gerakan shuttlecock yang meluncur cepat dan mendatar sangat sulit diantisipasi jika lawan memiliki persiapan kurang.

    Cara melakukan servis pendek bulutangkis biasanya digunakan untuk pemain ganda. Namun terkadang servis pendek juga digunakan oleh pemain tunggal dalam pertandingan badminton. Servis pendek sendiri membuat kok terpaksa dikembalikan oleh penerima servisnya dari arah samping atau bawah. Sehingga kita bisa melancarkan serangan cepat yang membuat lawan tak berkutik.

    Baca juga : Kumpulan Peraturan Dalam Permainan Bulutangkis

    Maka dari itu jika terdapat kesempatan akan memberikan peluang untuk melakukan penyerangan dengan pukulan di atas kepala. Adapun tata cara melakukan servis pendek dalam bulutangkis yaitu meliputi:

    1. Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks. Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Setelah itu raket diposisikan di samping badan.
    2. Lalu kok dijatuhkan dan raket diayunan ke arah depan kok. Setelah itu kok dipukul tepat di bagian gabusnya dengan pemukulan dari bawah pinggang.
    3. Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok.
      Kedua teknik pukulan servis dalam bulutangkis di atas memiliki kelebihannya masing-masing dan tentunya arah sasaran kok juga berbeda, baik cara melakukan servis panjang bulutangkis ataupun cara melakukan servis pendek bulutangkis.

      Apapun bentuk servis yang kalian pakai dalam pertandingan bulutangkis. Tentunya membutuhkan konsentrasi pemain yang cukup tinggi. Tujuannya agar servis panjang atau pendek tersebut dapat mencetak angka maupun tidak dapat dikembalikan oleh lawan.

      Pemain yang melakukan atau menerima servis harus berada di daerah lapangan bagian service. Posisi kaki harus menempel kepada permukaan lapangan terus sampai pelaksanaan servis. Pihak server harus membenturkan raket ke kok disekitar bawah pinggang. Selain itu tangkai raket ketika memukul kok harus menuju ke arah bawah.

      Oleh karenanya letak bagian kepala raket seluruhnya harus lebih rendah dibandingkan tangan yang memegang raket. Sekian penjelasan mengenai cara melakukan servis panjang bulutangkis dan cara melakukan servis pendek bulutangkis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

      Posting Komentar untuk "Strategi Servis Panjang dan Pendek di Lapangan Bulutangkis"