Gerakan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Push Up Adalah

Gerakan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Push Up Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa olahraga merupakan sebuah kebutuhan tubuh manusia yang tidak dapat digantikan dengan apapun sehingga dapat dibandingkan dengan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Namun pentingnya olahraga ini kurang dipahami oleh semua orang.

Olahraga tersebut termasuk dalam salah satu aktivitas kebugaran jasmani. Bentuk latihan kebugaran jasmani tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Salah satu bentuk kebugaran jasmani ini adalah gerakan push up. Gerakan tersebut telah diajarkan kepada siswa ketika di bangku sekolah sebagai salah satu teori pembelajaran. Lantas gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah bagaimana?

Gerakan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Push Up Adalah
Gerakan Push Up

Seperti yang kita tahu bahwa push up bermanfaat untuk melatih kekuatan otot lengan. Push up tersebut termasuk jenis latihan fisik yang banyak dipilih oleh orang orang. Hal ini dikarenakan gerakannya tidak memerlukan peralatan khusus dan mudah dilakukan. Lantas bagaimana teknik dasar push up itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gerakan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Push Up Adalah

Push up tergolong dalam jenis olahraga ketahanan isometrik yang merupakan gerakan menggunakan benda tidak bergerak ketika dilakukan sehingga dapat memicu kontraksi otot. Gerakan push up sendiri bisa melatih otot lengan dan otot tangan. Gerakan push up ini bahkan dapat dilakukan dengan posisi berat badan yang bertumpu pada tangan.

Lantas gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah bagaimana? Sebenarnya kita dapat melakukan gerakan push up dengan mudah. Teknik push up tersebut harus dilakukan dengan benar supaya tidak mengalami cedera pada bagian tubuh tertentu. Menurut tingkat kesulitannya, gerakan push up dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti push up sempurna, push up untuk pemula, dan push up untuk menengah atau intermediate.

Secara umum teknik dasar push up dapat dilakukan dengan gerakan yang benar seperti di bawah ini:

  1. Posisi dimulai dengan posisi merangkak menggunakan tangan yang tepat di bawah bahu, dimana sedikit lebih lebar. Kemudian lutut diposisikan di bawah pinggul.
  2. Posisi tulang belakang dipertahankan netral selama push up supaya tubuh tidak jatuh ke lantai dan tetap dalam garis lurus tanpa melengkungkan punggung, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki.
  3. Badan diturunkan ke bawah sampai menekuk siku dan membentuk sudut 90 derajat.
  4. Lalu otot dada dikontraksikan dengan membuang napas, gunakan tangan untuk mendorong lantai sehingga posisi tubuh dapat dikembalikan ke posisi awal.
Setelah memahami bagaimana gerakan teknik push up secara umum tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah . . .
A. Meliuk dan meregangkan pinggang
B. Menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan
C. Menekuk dan meluruskan badan
D. Menekuk dan meluruskan kedua kaki

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan.

Seperti yang kita tahu bahwa push up merupakan jenis olahraga yang berguna untuk melatih kekuatan tubuh. Gerakan push up tersebut dapat membentuk tubuh dengan sangat efektif meskipun gerakannya cukup sederhana. Gerakan push up yang benar ini memang terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi tidak semua orang dapat melakukannya. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan sampai membentuk sudut 90 derajat dan badan dalam posisi lurus. Selain itu adapula beberapa gerakan lain yang perlu diperhatikan.

Posting Komentar untuk "Gerakan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Push Up Adalah"