Jenis Jenis Olahraga Yoga Beserta Penjelasan

Advertisement

Jenis Jenis Olahraga Yoga Beserta Penjelasan - Olahraga merupakan kegiatan yang banyak disukai dan digemari oleh orang orang, mulai dari anak anak hingga dewasa, dari perempuan sampai laki laki. Salah satu jenis olahraga yang sedang populer dikalangan masyarakat ialah olahraga yoga. Olahraga yoga diminati oleh kaum wanita dan laki laki. Jenis olahraga yoga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Yoga dapat dilakukan oleh siapa saja dengan gerakan gerakan yang merilekskan badan. Semakin banyak orang yang sadar pentingnya olahraga maka semakin banyak pula orang yang mencintai kesehatan.

Olahraga yoga memang identik dengan kaum hawa. Tetapi pada kenyataannya dapat dilakukan oleh kaum pria. Yoga merupakan alternatif jenis olahraga yang memberikan fasilitas untuk hidup sehat. Namun untuk olahraga ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Pada kesempatan kali ini penjasorkes akan menjelaskan mengenai jenis jenis olahraga yoga. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Jenis Jenis Olahraga Yoga Beserta Penjelasan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa banyak orang yang menyukai kegiatan olahraga. Maka dari itu banyak pula orang menyukai pola hidup sehat. Dengan pencapaian tersebut maka membutuhkan jenis olahraga yoga yang sesuai. Dibawah ini terdapat beberapa jenis olahraga yoga beserta penjelasannya.

Yoga Prenatal
Jenis olahraga yoga yang pertama ialah yoga prenatal. Yoga prenatal dilakukan pada masa masa sebelum melahirkan. Maka dari itu jenis olahraga ini banyak dilakukan oleh ibu hamil. Yoga pernatal memiliki manfaat yang cukup besar bagi ibu ibu yang akan melahirkan. Para ibu hamil pasti mengalami ketakutan dalam proses persalinan. Hal ini dikarenakan beratnya proses persalinan yang harus dilalui agar buah hati dapat dilahirkan. Untuk menghadapi proses melahirkan tersebut, para ibu hamil diharuskan untuk memiliki pikiran yang tenang, postur tubuh baik dan kondisi tubuh lainnya. Dengan melakukan olahraga yoga prenatal, para ibu hamil dapat mendapatkan kondisi yang diperlukan. Jenis olahraga yoga ini juga terdapat gerakan gerakan yang dapat melatih pernafasan. Bahkan melalui yoga prenatal, para ibu hamil dapat bersosialisasi dengan ibu hamil lainnya sehingga terdapat pertukaran informasi maupun pengalaman persalinan sebelum dan sesudah melakukan prenatal ini.
Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Langkah Senam Irama
Yoga Power
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga power. Yoga power dapat dilakukan dengan energi energi yang besar karena didalamnya terdapat gerakan gerakan yang membutuhkan kekuatan yang cukup. Maka dari itu jenis olahraga yoga ini banyak dilakukan oleh para laki laki karena sifatnya yang lebih lelakian. Tujuan dari yoga power ialah membentuk otot otot tubuh. Yoga ini juga dapat menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan dalam olahraga yoga power terdapat kalori yang dapat dibakar dengan sempurna serta makanan yang anda konsumsi dapat diolah dengan baik. Namun walaupun manfaatnya yang sangat besar terdapat kesulitan yang besar pula untuk melakukan olahraga ini. Para atlet yang berlatih secara rutinpun juga masih ada yang kesulitan untuk melakukan yoga power. Gerakan gerakannya yang cepat disertai pergantian gerakan yang cepat pula membutuhkan kekuatan otot yang bagus. Maka dari itu sebelum melakukan yoga power, anda disarankan untuk melatih postur tubuh menggunakan jenis olahraga yoga lainnya.

Yoga Restoratif
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga restoratif. Yoga restoratif bertujuan untuk mengembalikan keadaan tubuh dalam kondisi ketenangan yang alami. Maka dari itu pencapaian yang akan didapatkan dari olahraga ini ialah ketenangan alami dalam tubuh penggunanya. Menurut penelitian yoga restoratif bahkan memiliki tingkat ketenangan yang tinggi dibandingkan tidur siang ternyaman. Olahraga yoga restoratif memiliki beban gerak yang kecil karena dalam satu set latihan terdapat lima jenis gerakan. Maka dari itu yoga restoratif banyak dilakukan oleh orang yang mengalami cedera maupun pasca trauma. Tetapi olahraga ini juga dapat dilakukan oleh orang yang sedang stress atau memiliki beban kerja yang cukup berat. Bagi anda yang mengalami stress dapat mencoba yoga tersebut karena telah terkenal sebagai olahraga pencerahan psikologis yang baik. 

Yoga Vinyasa
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga vinyasa. Dalam setiap satu set olahraga yoga vinyasa terdapat 12 gerakan yang dapat dilakukan. Jenis yoga ini lebih mengutamakan latihan pernafasannya. Biasanya yoga vinyasa dilakukan dipagi hari untuk memberikan ucapan pada matahari disertai teknik pernafasan yang baik. Olahraga ini juga mudah dipelajari bagi anda yang masih pemula. Yoga ini juga diketahui memiliki manfaat untuk menguatkan organ organ inti dalam tubuh. Gerakan penutup pada yoga vinyasa dinamakan savasana karena berisi gerakan gerakan relaksasi. Maka dari itu anda dapat mendapatkan manfaat manfaat bagi tubuh seperti ketenangan jiwa, melancarkan peredaran tubuh dan lain lain.

Yoga Yin
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga yin. Yoga yin ialah jenis olahraga yoga yang mengutamakan gerakan pasif dengan tujuan ketenangan tubuh seseorang. Jenis yoga ini memang lebih unggul dalam hal ketenangan dibandingan yoga lainnya. Yoga yin memiliki kesamaan dengan yoga restoratif. Namun untuk yoga yin memiliki gerakan yang sederhana dengan satu posisi saja dalam waktu yang lama. Gerakan pada yoga yin tersebut ialah beberapa putaran tubuh yang sederhana, berbaring ataupun duduk. Gerakan gerakan tersebut harus ditahan selama 5 menit. Olahraga yoga yin lebih berfokus pada pemanasan sendi, tulang dan lapisan tubuh lainnya. Yoga ini dapat dilakukan oleh anda yang sedang kelelahan dengan berbagai aktivitas kantor. Dengan olahraga ini, anda akan mendapatkan ketenangan tubuh.

Yoga Anusara
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga anusara. Olahraga yoga anusara memerlukan tambahan alat seperti balok yoga, selimut yoga, bantal yoga dan tali yoga. Alat alat tersebut bertujuan untuk memberikan variasi dalam gerakan yoga anusara. Jenis olahraga yoga ini berfokus pada pelaksanaan gerakan yang tepat disertai penahanan gerakan dalam beberapa waktu. Maka dari itu bagi anda yang ingin melakukan yoga anusara harus memiliki stamina yang kuat. Untuk pelaksanaan gerakan maupun pergantian gerakan dilakukan selama 5 menit untuk menahan posisinya. Namun bagi anda yang masih pemula tetap dapat melakukan gerakan yoga ini. Jenis olahraga yoga anusara membuat tubuh anda lebih kuat dan lebih fleksibel dibandingkan dengan yoga lainnya.
Baca juga : Penjelasan dan Teknik Olahraga Atletik Jalan Cepat
Yoga Kripalu
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga kripalu. Yoga kripalu membuat penggunanya semakin dekat dengan alam. Hal tersebut dikarenakan yoga ini memiliki pemberdayaan tubuh dan diri yang maksimal. Yoga ini dapat dilakukan dengan cara pengenalan diri sendiri terlebih dahulu. Tahap selanjutnya ialah mengetahu bagian yang baik dalam diri serta bagian yang perlu disembunyikan dalam diri kita. Dengan kata lain yoga kripalu bertujuan untuk menemukan jati diri penggunanya. Tidak heran jika jenis yoga ini disebut meditasi. Untuk gerakannya tidak sulit, bahkan dapat dilakukan oleh pemula. Fungsi utama dari yoga kripalu ialah perbaikan diri.

Yoga Kundalini
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga kundalini. Jenis olahraga yoga ini bertujuan untuk pelatihan fisik dan spiritual penggunanya. Yoga ini dilakukan dengan memadukan latihn fisik dengan latihan diri pada tubuh seseorang. Contohnya anda melakukan olahraga pernafasan dengan satu postur. Kemudian anda mengimbanginya dengan latihan mantra yang dapat dibaca ketika melaksanakan pelatihan pernafasan. Dengan begitu anda dapat melakukan olahraga fisik dan olahraga spiritual sekaligus. Jenis olahraga ini juga memfokuskan untuk ketenangan jiwa. Maka dari itu anda dapat membuat tubuh lebih sehat serta spiritual yang bagus.

Yoga Hatha
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga hatha. Olahraga yoga hatha sangat cocok untuk anda yang masih pemula dan kondisi tubuh anda masih kaku atau belum terbiasa berolahraga. Yoga hatha memperkenalkan gerakan gerakan dasar dalam olahraga yoga. Yoga ini bertujuan untuk mengenali seberapa jauh kemampuan anda dalam melakukan yoga. Setelah itu anda diajarkan gerakan gerakan dasar dalam yoga agar dapat lebih mahir. Maka dari itu yoga ini dapat menjadi alternatif untuk anda yang ingin melakukan olahraga yoga dari dasarnya.

Yoga Bikram
Jenis olahraga yoga selanjutnya ialah yoga bikram. Yoga bikram merupakan jenis olahraga yoga yang hampir sama dengan yoga hot. Olahraga ini dilakukan pada ruangan yang bersuhu panas. Suhu ruangannya memang dibuat lebih panas agar gerakannya dapat dilakukan lebih intens. Maka dari itu yoga ini akan membuat tubuh anda lebih berkeringat. Dengan kata lain,  ruangan yang suhunya tinggi memiliki efek yang banyak dalam setiap gerakannya. Yoga ini akan membuat diri anda tertantang dan jumlah kalori yang ada dalam tubuh dapat lebih banyak terbakar. Dalam olahraga yoga bikram terdapat 26 gerakan yang harus anda kuasai. Olahraga dengan suhu ruangan yang tinggi dapat membuat racun dalam tubuh mudah keluar dan tubuh menjadi lebih lentur. 

Yoga Ashtanga
Jenis olahraga yoga yang terakhir ialah yoga ashtanga. Jenis olahraga yoga ini memiliki kemiripan dengan yoga vinyasa. Yoga ashtanga mengutamakan pelatihan pernafasan. Yoga ini banyak dilakukan dipagi hari dengan ungkapan selamat pagi kepada matahari dengan pengimbangan teknik pernafasan yang baik. Jenis yoga ini mudah dipelajari, terutama bagi anda yang masih pemula. Yoga ashtanga juga dikenal dengan kemampun yang dapat menguatkan organ inti dalam tubuh. Untuk gerakan penutup yoga ashtanga dilakukan dengan teknik relaksasi.

Inilah beberapa jenis olahraga yoga yang dapat saya bagikan. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dapat dicapai dengan melakukan olahraga yoga yang sesuai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Jenis Jenis Olahraga Yoga Beserta Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar